Share

Kisah Mukjizat Nabi Shaleh: Keluarnya Unta dari Dalam Batu dan Azab untuk Kaum Tsamud

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 614 2500773 kisah-mukjizat-nabi-shaleh-keluarnya-unta-dari-dalam-batu-dan-azab-untuk-kaum-tsamud-UEsQDtNuso.jpg Ilustrasi kisah mukjizat Nabi Shaleh Alaihissallam mampu mengeluarkan unta dari dalam batu dan azab kaum Tsamud. (Foto: Shutterstock)
A A A

SETELAH Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan azab kepada kaum 'Ad, kaumnya Nabi Hud Alaihissallam, nyatanya petaka tersebut tidak menjadi pelajaran bagi kaum Tsamud. Allah Ta'ala pun mengutus Nabi Shaleh Alaihissallam kepada kaum Tsamud untuk kembali ke jalan Allah dan tidak menyembah berhala.

Kaum Tsamud yang berada di wilayah Hijr itu merupakan kaum yang sangat sejahtera. Allah Subhanahu wa ta'ala melimpahkan rezeki melimpah melalui tanah yang subur, banyaknya hewan ternak, kekuatan fisik, ilmu pengetahuan, hingga keterampilan.

Baca juga: 3 Amalan Nabi Yusuf agar Dicintai Banyak Orang hingga Terhindar dari Fitnah 

Ilustrasi mukjizat Nabi Shaleh Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)

Bahkan pada tahun 2150 sebelum masehi, kaum Tsamud mampu memahat dinding gunung untuk menjadikan rumah yang kukuh dan mampu berdiri selama 4.000 tahun lamanya. Demikian dikutip dari kanal YouTube Wong Ngapak96.

Melalui kitab suci Alquran, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman untuk mengutus Nabi Shaleh Alaihissallam kepada kaum Tsamud. Allah Ta'ala berfirman:

وَاِلٰى ثَمُوۡدَ اَخَاهُمۡ صٰلِحًاۘ قَالَ يٰقَوۡمِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ مَا لَـكُمۡ مِّنۡ اِلٰهٍ غَيۡرُهٗ ؕ هُوَ اَنۡشَاَكُمۡ مِّنَ الۡاَرۡضِ وَاسۡتَعۡمَرَكُمۡ فِيۡهَا فَاسۡتَغۡفِرُوۡهُ ثُمَّ تُوۡبُوۡۤا اِلَيۡهِ ؕ اِنَّ رَبِّىۡ قَرِيۡبٌ مُّجِيۡبٌ

Artinya: "Dan kepada kaum Tsamud (Kami utus) saudara mereka, Shalih. Dia berkata, 'Wahai kaumku! Sembahlah Allah, tidak ada tuhan bagimu selain Dia. Dia telah menciptakanmu dari bumi (tanah) dan menjadikanmu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan kepada-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku sangat dekat (rahmat-Nya) dan memperkenankan (doa hamba-Nya)'." (QS Hud: 61)

Baca juga: Kisah Mukjizat Nabi Hud dan Diturunkannya Azab Badai Hitam kepada Kaum 'Ad 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun karena kenikmatannya tersebut, kaum Tsamud menjadi kufur dan tidak percaya kepada Nabi Shaleh Alaihissallam dan ajarannya untuk menyembah Allah Subhanahu wa ta'ala. Lalu mereka bersekongkol untuk menjatuhkan Nabi Shaleh dengan menuntut sebuah pembuktian.

Mereka menuntut Nabi Shaleh Alaihissallam mengeluarkan sebuah unta yang sedang hamil, berwarna kemerahan, dan susunya cukup untuk seluruh kaum Tsamud dari sebuah batu. Mendengar hal tersebut, Nabi Shaleh meminta mukjizat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Mukjizat Nabi Nuh, Pandai Membuat Kapal Besar Penyelamat Kaum yang Menaati Allah Ta'ala 

Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan Nabi Shaleh Alaihissallam untuk memukul batu tersebut dan keluarlah unta yang dimaksud oleh kaum Tsamud. Nabi Shaleh lalu memerintahkan kaum Tsamud tidak menyentuh ataupun berniat jahat terhadap unta tersebut atau mereka akan terkena azab besar.

Hal itu ternyata tidak didengarkan oleh kaum Tsamud yang sudah terbakar hati. Mereka berniat membunuh unta tersebut. Dengan iming-iming harta dan wanita, pemimpin kaum Tsamud menyuruh dua pemuda membunuh unta itu.

Baca juga: Rasulullah Sangat Suka Makan Buah Semangka, Ternyata Ini Alasannya 

Terkait dibunuhnya unta tersebut, Allah Subhanahu berfirman dalam Alquran:

فَعَقَرُوهَا فَقَالَ تَمَتَّعُوا فِي دَارِكُمْ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ ۖ ذَٰلِكَ وَعْدٌ غَيْرُ مَكْذُوبٍ

Artinya: "Mereka membunuh unta itu, maka berkata Shaleh: 'Bersukarialah kamu sekalian di rumahmu selama tiga hari, itu adalah janji yang tidak dapat didustakan'." (QS Hud: 65)

Baca juga: 5 Mukjizat Luar Biasa Nabi Idris, Belum Banyak yang Mengetahui 

Lalu kaum Nabi Shaleh Alaihissallam meninggalkan kaum Tsamud. Setelah Nabi Shaleh dan kaumnya pergi, Allah Subhanahu wa ta'ala kemudian menurunkan azab secara bertahap. Mulai dari kulit menguning, lalu menghitam, hingga petir menyambar-nyambar disertai gempa bumi yang dahsyat.

Karena itulah mereka meninggal di tempat tinggalnya. Kehancuran kaum Tsamud sepatutnya menjadi pelajaran bagi kaum-kaum selanjutnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 4 Surat Nabi untuk Raja-Raja Dunia Mengajak Masuk Islam, Ini Isinya 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini