Share

3 Amalan Nabi Yusuf agar Dicintai Banyak Orang hingga Terhindar dari Fitnah

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 616 2500673 3-amalan-nabi-yusuf-agar-dicintai-banyak-orang-hingga-terhindar-dari-fitnah-v3FP0SDQXc.jpg Ilustrasi amalan Nabi Yusuf Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)
A A A

AMALAN Nabi Yusuf Alaihissallam hendaknya diketahui setiap Mukmin. Pasalnya, tersimpan keutamaan di balik amal salih tersebut. Jadi, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masa kini.

Nabi Yusuf Alaihissallam merupakan nabi ke-11 dari 25 nabi lainnya yang tertulis di dalam kitab suci Alquran. Selain itu, ia merupakan sosok nabi yang memiliki paras sangat tampan serta akhlak mulia.

Baca juga: Sangat Mencintai Islam, Mualaf Cantik Ini Rasakan Keajaiban Tak Biasa saat Pegang Alquran 

Berkat kebaikan tersebut, Nabi Yusuf Alaihissallam sangat dikagumi serta disayangi oleh orang lain. Bahkan, ayahnya sendiri begitu menyayanginya.

Akan tetapi tentu saja sebagai utusan Allah Subhanahu wa ta'ala, Nabi Yusuf Alaihissallam pernah mendapat ujian. Salah satunya adalah dibenci oleh saudara-saudaranya sendiri.

Nah, berikut ini doa-doa amalan Nabi Yusuf Alaihissallam yang bisa kaum Muslimin amalkan setiap harinya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Cari-Cari Kesalahan Alquran, Bule Cantik Ini Malah Jatuh Cinta dan Jadi Mualaf 

1. Doa ketika becermin

Berikut ini adalah bacaan doa Nabi Yusuf Alaihissallam yang baik dibaca ketika becermin. Doa ini juga dibaca oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berdasarkan riwayat dari Ibnu Mas’ud:

حديث اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم: «اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي, فَحَسِّنْ خُلُقِي». رَوَاهُ أَحْمَدُ .وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ.

"Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku'." (Diriwayatkan Imam Ahmad dan disahihkan Ibnu Hibban)

Baca juga: Jumat Berkah Waktunya Baca Surah Al Kahfi, Bisa di Alquran Digital Okezone 

Bisa juga membaca potongan kalimat dalam hadis tersebut, sekaligus doa agar memperbaiki akhlak diri sendiri.

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allahumma Kamaa Hassanta Kholqii Fa Khassin Khuluqi.

Para ulama mengatakan bahwa doa ini baik kita amalkan ketika sedang bercermin agar kita memilki aura wajah yang menawan dan dicintai semua orang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Doa menjauhkan diri dari hawa nafsu

Selanjutnya doa ini dikutip dari Alquran yang terdapat pada Surah Yusuf Ayat 33:

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Robbissijnu Akhabbul ilayya Mimma Yad’unaniy ilaihi. Wailla Tashrif ‘Anni Kaydahunna Ashbu ilaihinna Aa Akuminal Jahilin.

Artinya: "Yusuf berkata: 'Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh'."

Baca juga: Sunah-Sunah di Hari Jumat Berpahala Besar, Nomor 6 Harus Disegerakan 

3. Doa supaya dicintai banyak orang

Doa yang dibaca oleh Nabi Yusuf Alaihissallam agar dicintai banyak orang yakni sebagai berikut:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahummajalniy Nuuru Yusufa ‘Ala Wajhii Fa Man Roaanii Yuhibbunii Mahabbatan.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Temukan Jawaban tentang Tuhan di Alquran, Wanita Cantik Ini Mantap Jadi Mualaf 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini