Share

5 Keutamaan Surah Al Baqarah, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 15 November 2021 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 330 2501783 5-keutamaan-surah-al-baqarah-selengkapnya-baca-di-alquran-digital-okezone-zSIu7wW5KS.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Al Baqarah. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEUTAMAAN Surah Al Baqarah ternyata sangat luar biasa. Al Baqarah sendiri memiliki arti "Sapi Betina" dan merupakan urutan kedua di dalam kitab suci Alquran. Selengkapnya bisa dibaca di Alquran Digital Okezone.

Surah yang terdiri dari 286 ayat ini dinamai Al Baqarah karena di dalamnya terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada Bani Israil (ayat 67–74).

Al Baqarah disebut juga surah Alif-Lam-Mim karena diawali dengan ayat berisi tiga huruf tersebut. Surah ini memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui oleh umat Islam. Apa sajakah itu? Berikut lima keutamaan Surah Al Baqarah, seperti dikutip dari NU Online, Senin (15/11/2021).

Baca juga: Keutamaan Surat Al Fatihah, Baca di Alquran Digital Okezone 

1. Pengusir setan

Keutamaan Surah Al Baqarah yang pertama adalah dapat mengusir setan. Di dalam Surah Al Baqarah terdapat Ayat Kursi yang bisa mengusir setan. Bisa dibaca ketika hendak tidur.

Adapun keutamaan membaca ayat kursi sebelum tidur disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang mengadukan pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam tentang seseorang yang mengajarkan kepadanya Ayat Kursi.

Abu Hurairah mengatakan, "Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat kepadaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya." Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam bertanya, "Apa kalimat tersebut?" Abu Hurairah menjawab:

قَالَ لِى إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ مِنْ أَوَّلِهَا حَتَّى تَخْتِمَ ( اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ )

وَقَالَ لِى لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ وَلاَ يَقْرَبَكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

"Ia mengatakan kepadaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca Ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘ALLAHU LAA ILAHA ILLA HUWAL HAYYUL QOYYUM’. Lalu ia mengatakan padaku, Allah akan senantiasa menjagamu dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari.

Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan." Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam pun bersabda:

« أَمَا إِنَّهُ قَدْ صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ ، تَعْلَمُ مَنْ تُخَاطِبُ مُنْذُ ثَلاَثِ لَيَالٍ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ » . قَالَ لاَ . قَالَ « ذَاكَ شَيْطَانٌ

"Adapun dia kala itu berkata benar, tetapi asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?" "Tidak", jawab Abu Hurairah. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam berkata, "Dia adalah setan." (HR Bukhari Nomor 2311)

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 15 November 2021M/9 Rabiul Akhir 1443H 

2. Memberi keberkahan

Keutamaan Surah Al Baqarah selanjutnya adalah akan mendapatkan keberkahan yang berlimpah. Tidak hanya di rumah yang dibacakan Ayat Kursi, keberkahan itu juga dapat dirasakan pada rumah-rumah di sekitarnya.

Sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat Ath-Thabrani, "Siapa saja yang membaca Ayat Kursi setiap usai sholat, maka tidak ada yang mencegahnya masuk surga kecuali kematian. Dan siapa saja yang membacanya tatkala mulai berbaring (tidur), maka Allah akan memberi keamanan kepada rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah lain di sekitarnya." (HR Ath-Thabrani)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Pembela di hari kiamat dan penangkal sihir

Keutamaan Surah Al Baqarah lainnya adalah dapat menjadi pembela di hari kiamat dan menangkal sihir. Dari Abu Umamah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Bacalah Alquran karena ia datang di hari kiamat sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah Az-Zahrawain (dua cahaya) yaitu Surah Al-Baqarah dan Ali 'Imran, karena keduanya datang di hari kiamat seperti dua awan putih atau dua naungan atau dua kerumunan burung sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah Surah Al Baqarah, karena membacanya adalah berkah, meninggalkannya adalah kerugian, dan tidak mampu dilawan oleh penyihir." (Sahih Muslim Nomor 1337)

Baca juga: Cerita Mualaf Cantik Teguh Jalankan Ajaran Islam meski Diperlakukan Tidak Wajar 

4. Diberi mahkota di surga

Keutamaan berikutnya membaca Surah Al Baqarah adalah akan diberi penghormatan berupa mahkota di surga. Hal ini sebagaimana dikatakan dalam riwayat Ad-Darimi, "Siapa saja yang membaca Surah Al Baqarah, maka dia akan dikenakan makhkota darinya di surga."

Baca juga: Pertama Kali Masuk Masjid, Reaksi Para Bule Non-Muslim Ini Sangat Mengejutkan 

5. Diberi kecukupan

Keutamaan lain dari Surah Al Baqarah terdapat pada dua ayat terakhir yang menjadi penutupnya. Pasalnya, siapa pun yang membaca akhir Surah Al Baqarah pada suatu malam, maka ia akan dicukupkan pahala menunaikan qiyamullail pada malam itu.

Disebutkan dalam hadis dari Abu Mas’ud Al-Badri radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

"Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari Surah Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan." (HR Bukhari Nomor 5009 dan Muslim 808)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini