Share

Tokoh Muslim Dunia: Banu Musa Bersaudara Penemu Lampu Otomatis hingga Mekanikal Air Mancur

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Senin 15 November 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 614 2501820 tokoh-muslim-dunia-banu-musa-bersaudara-penemu-lampu-otomatis-hingga-mekanikal-air-mancur-ZsnLg37vpA.jpg Tokoh Muslim dunia Banu Musa Bersaudara. (Foto: YouTube Kanal Pengetahuan Islam)
A A A

TOKOH Muslim dunia kali ini membahas sosok Banu Musa bersaudara. Mereka merupakan ilmuwan terkemuka di bidang mesin dari kalangan Muslimin.

Banu Musa mampu membuat perangkat mesin tercanggih pada masanya. Namun bukan hanya teknik mesin yang dikuasai, mereka juga menorehkan prestasi gemilang di ranah matematika. Kehalian mereka di bidang ini bahkan layak disejajarkan dengan ilmuwan matematika lainnya.

Baca juga: Tokoh Muslim: Nasirudin Al Tusi Astronom Serbabisa yang Dikagumi Dunia 

Tokoh Muslim dunia Banu Musa Bersaudara. (Foto: YouTube Kanal Pengetahuan Islam)

Banu Musa terdiri dari tiga bersaudara yaitu Abu Jafar Muhammad bin Musa ibn Shakir, Abu al Qasim Ahmad ibn Musa ibn Shakir, dan Al Hasan ibn Musa ibn Shakir. Mereka merupakan putra seorang cendekiawan terkemuka abad ke-8 yakni Musa bin Shakir yang merupakan ahli astrologi Khalifah Al Ma’um yang merupakan sahabatnya.

Abu Jafar menguasai bidang geometri, begitu juga Al Hasan. Berbeda denga kedua saudaranya, Ahmad yang membawa konsep matematika terhadap aspek mekanika.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Nafis sang Bapak Peredaran Darah 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat Musa bin Shakir meninggal dunia, Al Ma’um merupakan wali dari ketiga anaknya tersebut. Mereka diberi pendidikan di Baghdad; mempelajari geometri, mekanik, musik, matematika, hingga astronomi.

Baca juga: 5 Fakta Fatmawati Istri Soekarno, Pahlawan yang Sederhana hingga Pintar Mengaji 

Pada kekhalifahan Al Ma’um pada tahun 813–833 Masehi, mereka membangun karier yang bagus pada bidang ilmu pengetahuan. Setelah Al-Ma’um wafat, Banu Musa bersaudara melanjutkan pekerjaan mereka di bawah pimpinan Al-Mutashim, Al-Watsiq, dan Al-Mutawakkil. Abu Jafar dan Ahmad sangat mendukung Al-Mutawakkil karena memperkerjakan mereka dalam kontruksi kanal.

Banyak penemuan yang diwariskan Banu Musa bersaudara untuk generasi selanjutnya, beberapa di antaranya yaitu lampu otomatis, mekanikal air mancur, kitab pengukuran pesawat, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Abu Wafa sang Ahli Matematika Penemu Rumus Trigonometri 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini