Share

Viral 5 Gerakan Sholat yang Diduga Menyimpang dari Ajaran Islam

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Senin 15 November 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 614 2501874 viral-5-gerakan-sholat-yang-diduga-menyimpang-dari-ajaran-islam-NtTBb7pxLe.jpg Ilustrasi sholat. (Foto: Shutterstock)
A A A

SHOLAT fardhu merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap kaum Muslim sebanyak lima kali sehari. Gerakan sholat yang baik dan benar pun sudah ditentukan.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam telah mengajarkan kepada umatnya gerakan sholat yang semestinya dilakukan. Namun belakangan ini beredar video viral yang menunjukkan beberapa gerakan sholat yang dinilai tidak lazim dan diduga menyimpang, seperti dikutip dari kanal YouTube Daftar5, Senin (15/11/2021).

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 15 November 2021M/9 Rabiul Akhir 1443H 

1. Kepala dan kaki digerakkan

Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang wanita sedang sholat di Masjid Agung Palembang. Wanita tersebut tampak menganggukkan kepalanya.

Peristiwa ini tidak hanya terjadi sekali. Di Masjid Kalideres Jakarta pun ada kejadian serupa. Seorang wanita datang ke masjid tersebut untuk sholat dan sekilas tidak ada yang aneh. Namun tiba-tiba ia menganggukkan kepala ke depan.

Saat rukuk, ia membungkukkan badan sambil menjinjit kaki dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Aksi menganggukkan kepala juga ia lakukan saat sujud.

Ada netizen yang menduga wanita tersebut mengidap gangguan jiwa, namun ada pula yang beranggapan ia mengikuti aliran sesat.

2. Menganggukkan kepala ke kanan dan kiri

Seorang wanita melakukan ibadan sholat di sebuah masjid di Palembang. Wanita dengan mukena putih itu awalnya terlihat sholat seperti umumnya. Hingga ia tiba-tiba menganggukkan kepala ke kanan dan kiri.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Banu Musa Bersaudara Penemu Lampu Otomatis hingga Mekanikal Air Mancur 

3. Maju satu langkah setiap satu rakaat

Seorang WNA asal Inggris membuat heboh warga saat sholat di pinggir Kali Ciliwung. Tidak seperti sholat biasa, setiap satu rakaat sholat, ia berjalan satu langkah ke depan. Ia mengulang gerakan tersebut hingga jarak 10 meter.

WNA tersebut dibawa warga ke kantor kelurahan. Dalam keterangannya, ia melakukan gerakan seperti itu sebagai apreasiasi seni. Ia menirukan gerakan sholat untuk mengapreasiasikan pribadinya yang sudah memeluk Islam sejak 9 tahun lalu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Menambahkan gerakan tangan

Terekam aksi pria berbaju coklat sholat dengan gerakan yang tidak sesuai ajaran Islam. Beberapa kali ia merentangkan tangan dan mengangkat satu tangan. Saat sujud dahi memang menyentuh lantai, tetapi tidak dengan lututnya.

Baca juga: 7 Nama Anak Laki-Laki Islami Terinspirasi Asmaul Husna, Miliki Arti Mulia hingga Selalu Gembira 

5. Sholat di kelab malam

Aksi sholat di salah satu kelab malam di Sidrap, Sulawesi Selatan, dianggap tidak lazim. Pasalnya seorang pria sholat di tempat yang tidak semestinya. Di tengah musik dan lampu gemerlap, pria tersebut terekam kamera sedang sholat di lantai kelab malam.

Saat pengunjung lain asyik bergoyang mengikuti irama musik dari disc jockey (DJ), pria itu justru terlihat memperagakan gerakan sholat. Kabarnya polisi sudah mengamankan si pria ketika mengetahui hal itu.

Baca juga: 6 Obat Herbal yang Tertulis di Alquran, Bisa Menyembuhkan Segala Penyakit kecuali Kematian 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini