Share

Mudahkan Jamaah Beribadah, Masjidil Haram Kini Miliki Robot Layar Sentuh

Hantoro, Jurnalis · Senin 15 November 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 614 2502011 mudahkan-jamaah-beribadah-masjidil-haram-kini-miliki-robot-layar-sentuh-zY1wR6Er4u.jpg Robot layar sentuh di Masjidil Haram. (Foto: SPA/Arabnews)
A A A

MASJIDIL Haram di Kota Makkah, Arab Saudi, kini memiliki sejumlah robot layar sentuh. Ini untuk memudahkan jamaah melakukan ibadah umrah atau haji mendatang. Demikian dilaporkan SPA.

Robot beroda empat tersebut membantu jamaah melakukan prosesi ibadah di Masjidil Haram, menawarkan layanan buka puasa, hingga menjawab berbagai pertanyaan terkait ibadah umrah atau haji.

Baca juga: 5 Lokasi Religi di Makkah yang Wajib Dikunjungi Selain Masjidil Haram 

Ada opsi untuk menambahkan terjemahan bahasa secara instan, komunikasi jarak jauh dengan ulama, dan mengatur arahan dalam berbagai bahasa.

Dikutip dari laman Arabnews, Senin (15/11/2021), Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menggunakan teknologi pintar untuk meningkatkan layanan kepada para jamaah.

Baca juga: Sholat Berjamaah di Masjidil Haram Kini Bisa Rapat Lagi 

Robot yang dikendalikan dari jarak jauh ini mendukung 11 bahasa. Di antaranya adalah bahasa Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, China, Bengali, dan Hausa. Robot ini memiliki layar sentuh 21 inci yang bisa digunakan untuk menangani masalah para jamaah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kepresidenan juga menawarkan layanan Maqra' Al-Haramayn, pembaca Dua Masjid Suci, yang mengajarkan Alquran kepada umat Islam di seluruh dunia dan jamaah Masjidil Haram yang ingin meningkatkan bacaan mereka serta menerima sertifikat.

Baca juga: Khotbah di Masjidil Haram Akan Disiarkan dalam Bahasa Internasional 

Pendidikan jarak jauh ini dengan transmisi dari Masjidil Haram dan tersedia dalam enam bahasa termasuk Arab, Inggris, Urdu, dan Hausa.

Kepresidenan juga telah meluncurkan Smart Quran, sebuah e-device bagi penyandang disabilitas visual agar bisa membaca Alquran dalam huruf braille.

Baca juga: 5 Orang Beruntung yang Pernah Sholat di Dalam Kakbah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini