Share

Segerakan Buka Puasa Senin Kamis, Dibarengi Baca Doa Sesuai Sunah Ini

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Senin 15 November 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 618 2502027 segerakan-buka-puasa-senin-kamis-dibarengi-baca-doa-sesuai-sunah-ini-kMWXFgbsKN.jpg Ilustrasi doa buka puasa Senin Kamis. (Foto: Thoughhtcho)
A A A

HARI ini banyak Muslimin mengerjakan puasa Senin Kamis. Ketika waktu berbuka nanti, hendaknya dibarengi membaca doa buka puasa sesuai sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Ketika berbuka puasa Senin Kamis sendiri adalah waktu paling bahagia bagi umat Islam yang melakukannya. Oleh karena itu, raih keberkahannya dengan membaca doa seperti diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 15 November 2021M/9 Rabiul Akhir 1443H 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam diketahui selalu mengerjakan puasa Senin Kamis. Alasannya, hari Senin dan Kamis adalah waktu dihadapkannya amalan kaum Muslimin kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Nah, ketika waktu berbuka, setiap Muslim disunahkan membaca doa buka puasa Senin Kamis. Sebelum meminum air untuk membatalkan puasa ketika terdengar azan Sholat Magrib, pertama-tama membaca Bismillah. Dilanjutkan bacaan doa yang diajarkan oleh Rasulullah.

Ilustrasi doa buka puasa Senin Kamis. (Foto: Shutterstock)

Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Senin 15 November 2021M/9 Rabiul Akhir 1443H 

Dirangkum dari laman Muslim.or.id, Senin (15/11/2021), ada makna yang sangat baik di balik doa berbuka puasa tersebut. Semua Muslim diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Magrib berkumandang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

Artinya: "Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi)

Baca juga: Cerita Mualaf Cantik Teguh Jalankan Ajaran Islam meski Diperlakukan Tidak Wajar 

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam pun meminta kepada seluruh umatnya agar menyegerakan berbuka puasa. Dianjurkan untuk bersegera berbuka puasa ketika matahari terbenam.

Hal ini berdasarkan riwayat dari Umar bin Khathab Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

إِذَا أقْبَلَ اللَّيْلُ مِن هَا هُنَا، وأَدْبَرَ النَّهَارُ مِن هَا هُنَا، وغَرَبَتِ الشَّمْسُ فقَدْ أفْطَرَ الصَّائِمُ

Artinya: "Jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka." (HR Bukhari Nomor 1954, Muslim Nomor 1100)

Baca juga: Pertama Kali Masuk Masjid, Reaksi Para Bule Non-Muslim Ini Sangat Mengejutkan 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

لا يزالُ النَّاسُ بخَيرٍ ما عجَّلوا الفِطرَ عجِّلوا الفطرَ

Artinya: "Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ini Minuman yang Bisa Bikin Rambut Uban Hitam Lagi Menurut Ustadz dr Zaidul Akbar 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini