Share

5 Keutamaan Surah Ali Imran yang Dijuluki Az-Zahrawaani, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone

Ahmad Haidir, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 330 2502308 5-keutamaan-surah-ali-imran-yang-dijuluki-az-zahrawaani-selengkapnya-baca-di-alquran-digital-okezone-MgvyspaLHj.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Ali Imran bisa dibaca selengkapnya di Alquran Digital Okezone. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEUTAMAAN Surah Ali Imran sepatutnya diketahui setiap Muslim. Ali Imran merupakan surah ketiga di dalam kitab suci Alquran dan menjadi salah satu yang paling istimewa. Selengkapnya bisa dibaca di Alquran Digital Okezone.

Keistimewaan tersebut tergambarkan dari julukan yang dimiliki Surah Ali Imran yakni "Az-Zahrawaani" atau 'Dua yang cemerlang'. Bersama Al Baqarah, Ali Imran menjadi surah yang menjelaskan perkara yang banyak disembunyikan oleh para ahli kitab, seperti kelahiran Nabi Isa Alaihissallam hingga turunnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Dengan demikian, membaca surah ini juga memiliki sejumlah keutamaan. Apa saja? Berikut MNC Portal sajikan 5 keutamaan Surah Ali Imran.

Baca juga: Keutamaan Surat Al Fatihah, Baca di Alquran Digital Okezone 

1. Pelindung pada hari kiamat

Sebagaimana telah disebutkan, Surah Ali Imran dan Surah Al Baqarah dijuluki "Az-Zahrawaani" atau 'Dua yang cemerlang'. Rutin membaca kedua surah ini akan membuat kaum Muslimin dilindungi pada hari kiamat. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu:

قَالَ الْبَزَار: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنْصُوْر عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اقْرَءُوْا الزَّهْرَوَيْنِ اقْرَءُوْا الْبَقَرَةَ وَ آل عِمْرَان فَإِنَّهُمَا تَأْ تِيَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ الحديث

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: Bacalah Az-Zahrawayni (yakni) bacalah Surah Al Baqarah dan Surah Ali Imran, karena sesungguhnya kedua surah tersebut akan mendatangi kalian pada hari kiamat seperti dua buah awan yang menaungi." (Diriwayatkan dari Abu Hurairah, hadis Nomor 52)

Baca juga: 5 Keutamaan Surah Al Baqarah, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone 

2. Setara pahala sholat malam

Sholat malam atau tahajud merupakan salah satu amalan istimewa di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala. Adapun kaum Muslimin bisa mendapatkan ganjaran setara pahala sholat malam apabila membaca Surah Ali Imran di malam hari. Hal ini sebagaimana tertuang dalam hadis berikut. Dari sahabat Utsman bin Affan radhiallahu 'anhu:

حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ عِيسَى عَنْ ابْنِ لَهِيعَةَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الْخَيْرِ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ مَنْ قَرَأَ آخِرَ آلِ عِمْرَانَ فِي لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ

"Barang siapa yang membaca akhir Surah Ali Imran pada malam hari, maka ditulis baginya pahala sholat malam." (HR Ad-Darimi Nomor 3262)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Disifati orang kaya

Keistimewaan Surah Ali Imran selanjutnya adalah surah ini disifati sebagai surat nya orang kaya. Dari sahabat Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anhu:

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ سُلَيْمِ بْنِ حَنْظَلَةَ الْبَكْرِيِّ قَالَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ مَنْ قَرَأَ آلَ عِمْرَانَ فَهُوَ غَنِيٌّ وَالنِّسَاءُ مُحَبِّرَةٌ قَالَ أَبُو مُحَمَّد مُحَبِّرَةٌ مُزَيِّنَةٌ

"Barang siapa membaca Surah Ali Imran maka ia adalah orang kaya, sedangkan jika ia seorang perempuan maka ia adalah orang yang berhias. Abu Muhammad berkata; Muhabbirah berarti perempuan yang berhias." (HR Ad-Darimi Nomor 3261)

Baca juga: 10 Dosa Besar yang Tidak Akan Diampuni Allah Ta'ala 

4. Obat penyakit gila

Keutamaan Surah Ali Imran yang satu ini bahkan sampai diakui oleh sosok pendeta sekalipun. Hal ini sebagaimana sebuah riwayat hadits berikut:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ السَّلَامِ عَنْ الْجُرَيْرِيِّ عَنْ أَبِي السَّلِيلِ قَالَ أَصَابَ رَجُلٌ دَمًا قَالَ فَأَوَى إِلَى وَادِي مَجَنَّةٍ وَادٍ لَا يُمْسِي فِيهِ أَحَدٌ إِلَّا أَصَابَتْهُ حَيَّةٌ وَعَلَى شَفِيرِ الْوَادِي رَاهِبَانِ فَلَمَّا أَمْسَى قَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ هَلَكَ وَاللَّهِ الرَّجُلُ قَالَ فَافْتَتَحَ سُورَةَ آلِ عِمْرَانَ قَالَا فَقَرَأَ سُورَةً طَيِّبَةً لَعَلَّهُ سَيَنْجُو قَالَ فَأَصْبَحَ سَلِيمًا قَالَ أَبُو مُحَمَّد أَبُو السَّلِيلِ ضُرَيْبُ بْنُ نُقَيْرٍ

"Telah menceritakan kepada kami (Muhammad bin Sa'id) telah menceritakan kepada kami (Abdus Salam) dari (Al Jurairi) dari (Abu As Salil) ia berkata, ada seseorang terluka mengeluarkan darah. Ia melanjutkan, lalu orang itu singgah di lembah Majannah, sebuah lembah yang tidak seorang pun berada di waktu sore kecuali menjadi gila, sementara di tepi lembah ada dua orang pendeta. Ketika orang itu berada di waktu sore, salah seorang pendeta berkata kepada temannya: 'Demi Allah, celakalah orang itu.' Ia melanjutkan: Lalu orang itu membaca awal Surah Ali Imran, maka kedua pendeta itu berkata: 'Ia telah membaca sebuah surat yang baik, semoga ia selamat.' Ia berkata lagi: 'Maka selamatlah orang itu'." (HR Ad-Darimi Nomor 3265)

Baca juga: Mantap Hijrah, 5 Artis Cantik Ini Sekarang Tampil Bercadar 

5. Didoakan malaikat

Bagi siapa saja yang membaca surat ini terlebih saat hari Jumat, maka sepanjang hari ia akan didoakan oleh para malaikat Allah Subhanahu wa ta'ala.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُبَارَكِ حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ خَالِدٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ الْحَارِثِ عَنْ مَكْحُولٍ قَالَ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ آلِ عِمْرَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ إِلَى اللَّيْلِ

"Barang siapa yang membaca Surah Ali Imran pada hari Jumat, maka para malaikat mendoakan untuknya sampai tiba malam hari." (HR Ad-Darimi Nomor 3263)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ini Minuman yang Bisa Bikin Rambut Uban Hitam Lagi Menurut Ustadz dr Zaidul Akbar 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini