Share

5 Keutamaan Surah An-Nisa, Baca di Alquran Digital Okezone

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 330 2502856 5-keutamaan-surah-an-nisa-baca-di-alquran-digital-okezone-ALreAyH556.jpg Ilustrasi keutamaan Surah An-Nisa bisa disimak di Alquran Digital Okezone. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEUTAMAAN Surah An-Nisa perlu diketahui setiap Muslim. An-Nisa sendiri merupakan surah keempat di dalam kitab suci Alquran yang terdiri dari 176 ayat. Seperti namanya, surah ini memiliki fokus pembahasan yang berkisar pada perempuan.Selengkapnya bisa baca di Alquran Digital Okezone.

Sebagaimana surah lainnya, Surah An-Nisa juga memiliki keutamaan tersendiri bagi siapa saja yang membaca surat terpanjang kedua dalam Alquran ini. Dari mulai menjauhkan kejahatan hingga membuat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menangis.

Berikut ini lima keutamaan Surah An-Nisa, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Keutamaan Surat Al Fatihah, Baca di Alquran Digital Okezone 

1. Menjauhkan dari kezaliman

Keutamaan Surah An-Nisa yang pertama adalah dapat dijadikan doa bagi Muslimin agar terhindar dari segala kejahatan dan bentuk kezaliman.

Caranya adalah dengan membacanya secara rutin khusus pada ayat ke-75. Melalui ayat tersebut, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَما لَكُمْ لَا تُقاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالْمُسْتَضْعَفِينَ مِنَ الرِّجالِ وَالنِّساءِ وَالْوِلْدانِ الَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنا أَخْرِجْنا مِنْ هذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ أَهْلُها وَاجْعَلْ لَنا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيراً)

"Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah, baik laki-laki, wanita-wanita, maupun anak-anak yang semuanya berdoa: 'Ya Tuhan kami berikanlah kami dari negeri ini (Makkah) yang zalim penduduknya, dan berilah kami perlindungan dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari siang Kau." (QS An-Nisa: 75)

Baca juga: 5 Keutamaan Surah Al Baqarah, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone 

2. Menghilangkan kejelekan sebagaimana api membersihkan karat besi

Selain mencegah kezaliman, Surah An-Nisa juga dapat menghapuskan kejelekan. Sebabnya adalah suatu hari pasca-Perang Uhud, kaum Muslimin sempat terpecah menjadi dua golongan dalam menghadapi orang-orang munafik. Maka Allah Subhanahu wa ta'ala lantas menurunkan ayat ke-88 An-Nisa yang berbunyi:

فَمَا لَكُمْ فِى الْمُنٰفِقِيْنَ فِئَتَيْنِ وَاللّٰهُ اَرْكَسَهُمْ بِمَا كَسَبُوْا ۗ اَتُرِيْدُوْنَ اَنْ تَهْدُوْا مَنْ اَضَلَّ اللّٰهُ ۗوَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ سَبِيْلًا

"Maka mengapa kamu (terpecah) menjadi dua golongan dalam (menghadapi) orang-orang munafik, padahal Allah telah mengembalikan mereka (kepada kekafiran), disebabkan usaha mereka sendiri? Apakah kamu bermaksud memberi petunjuk kepada orang yang telah dibiarkan sesat oleh Allah? Barangsiapa dibiarkan sesat oleh Allah, kamu tidak akan mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk) baginya." (QS An-Nisa: 88)

Dalam satu riwayat hadis disebutkan bahwa makna dan tafsir dari ayat tersebut adalah Surah An-Nisa Ayat 88 tidak hanya sebagai pengingat bagi kaum Muslimin saat itu, tetapi juga dapat menjadi pelipur lara hingga menghapus kejelekan. Salah seorang sahabat yakni Zaid Radhiyallahu anhu berkata:

"Ayat ini menjadi pelipur lara. Ayat ini juga dapat menghilangkan kejelekan sebagaimana api membersihkan karat besi." (Hadis Jami' At-Tirmidzi Nomor 2954. Abu Isa mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Surat yang dibaca Nabi Muhammad ketika sholat malam

Menurut sebuah riwayat, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dalam melaksanakan ibadah sholat diketahui pernah membaca Surah An-Nisa’. Hal ini sebagaimana hadis berikut ini:

"Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari 'Amru bin Murrah dari Abu Hamzah bekas budak Al Anshari dari seorang laki-laki dari Bani 'Absi dari Hudzaifah bahwa dia melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sholat malam. Lalu dalam sholatnya itu, beliau membaca Surah Al Baqarah, Ali Imran, An-Nisa, Al Maidah, atau Al An'am." (Hadis Sunan Abu Dawud Nomor 740)

Baca juga: 5 Keutamaan Surah Ali Imran yang Dijuluki Az-Zahrawaani, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone 

4. Lima ayat yang lebih disukai daripada dunia dan seisinya

Salah seorang sahabat Nabi yang salih yakni Ibnu Mas’ud mengungkapkan bahwa ia menyukai lima ayat dalam Surah An-Nisa yang melebihi dunia dan seisinya. Kisah tersebut diabadikan dalam sebuah hadis sahih berikut ini:

"Dari Ibnu Mas'ud berkata: 'Sesungguhnya di dalam Surah An-Nisa ada lima ayat yang lebih aku sukai daripada dunia dan seisinya. Kelimat ayat yang dimaksud adalah An-Nisa: 31, An-Nisa: 40, An-Nisa: 48, An-Nisa: 64, An-Nisa: 110." (Al Mustadrak 'Alash-Shahihain)

Baca juga: 6 Obat Herbal yang Tertulis di Alquran, Bisa Menyembuhkan Segala Penyakit kecuali Kematian 

5. Membuat Rasulullah menangis saat dibacakan

Suatu hari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam meminta Ibnu Mas’ud membacakannya ayat-ayat suci Alquran. Kemudian sahabat yang salih itu membacakan surah favoritnya yakni An-Nisa.

Saat sampai ayat ke-41, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memintanya berhenti. Ketika ditengok, Ibnu Mas’ud mendapati mata Rasulullah berlinang air mata. Kisah tersebut juga diabadikan dalam sebuah hadits berikut:

"Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyats dari Al A'masy dari Ibrahim dari 'Abidah dari Abdullah ia berkata: 'Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berkata kepadaku: Bacakan kepadaku Surah An-Nisa.' Aku katakan: 'Apakah aku akan membacakan kepadamu sementara Alquran turun kepadamu?' Beliau bersabda: 'Aku senang untuk mendengarnya dari selainku.'

Abdullah berkata: 'Kemudian aku membacakan Alquran kepadanya hingga sampai pada firman-Nya: '(Maka bagaimanakah halnya orang kafir nanti, apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (Rasul) …' (An-Nisa: 41) Kemudian aku angkat kepalaku dan ternyata kedua mata beliau telah berurai dengan air mata." (Hadis Sunan Abu Dawud Nomor 3183)

Wallahu a’lam bishawab.

Baca juga: Kisah Mualaf Cantik Alami Cobaan Berat, Ibunya Hampir Bunuh Diri dan Ayahnya Ingin Buang Alquran 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini