Share

Kisah Gus Dur Makan Ikan Hasil Curian Jadi Halal

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 614 2502607 kisah-gus-dur-makan-ikan-hasil-curian-jadi-halal-crT6kadP5S.jpg Gus Dur. (Foto: Istimewa)
A A A

HUMOR ala Gus Dur memang kerap mengundang tawa siapa pun yang mendengarnya. Dalam guyonannya itu tak hanya membuat orang lain tertawa, namun terdapat juga hikmah yang bisa diambil dari setiap celotehannya, dimana nampak absurd padahal terdapat pesan bermakna.

Dikutip dari laman Santri Gus Dur Komunitas Gusdurian Jogja, Selasa (16/11/2021), kiai karismatik ini santri dari Pondok Pesantren Salaf Asrama Perguruan Islam (Ponpes Salaf API), Tegalrejo, Magelang, Jawa Timur. Sekira tahun 1957–1959, Gus Dur pernah mondok di pesantren tersebut.

Baca juga: 10 Peninggalan Para Nabi yang Menggemparkan Dunia, Ada Sisa Kapal Raksasa 

Saat itu Gus Dur masih jadi santri dan ada saja yang dia lakukan. Suatu hari ia serta beberapa temannya merancang skenario pencurian ikan di kolam milik gurunya yaitu KH Chudlori.

Mereka berbagi tugas, teman-temannya yang melakukan aksi pencurian, sedangkan Gus Dur yang mengawasi keadaan sekitar.

Ketika teman-temannya mulai mencoba masuk ke kolam ikan, sementara Gus Dur tidak ikut dengan dalih dia memang harus mengawasi karena takut ketahuan kiai bahwa santrinya berusaha mencuri ikan.

Baca juga: Kisah Mantan Bos Samsung Jadi Mualaf di Indonesia, Ternyata Kejadian Spiritual Ini yang Dialami 

Pada pukul 01.00 WIB, KH Chudlori keluar rumah karena memang biasa terbangun di jam tersebut untuk sholat malam di masjid yang kebetulan melewati kolam ikan itu. Mengetahui gurunya bangun dari tidur, akhirnya para santri ini langsung lari. Sementara Gus Dur masih di samping kolam dengan membawa ikan hasil curian teman-temannya.

Mengetahui KH Chudlori menghampirinya, akhirnya Gus Dur berkata kepada gurunya tersebut bahwa ia telah berhasil mengusir pencuri yang ingin mengambil ikannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah kiainya itu percaya bahwa Gus Dur telah menyelamatkan kolam ikannya dari para pencuri, akhirnya ia menghadiahi Gus Dur ikan yang sebelumnya memang telah diambil teman-temannya. Kemudian KH Chudlori mengizinkan Gus Dur ntuk memakannya bersama yang lainnya.

Baca juga: Kisah Gadis Cantik Masuk Islam Setelah Digoda Sekelompok Laki-Laki 

Teman-temannya pun mengetahui ini dan protes pada Gus Dur karena diduga Gus Dur sembunyi tangan. Namun akhirnya terbantahkan dan berdalih pada teman-temannya ini.

"Wong awakmu yo melu mangan iwake. Lagian, iwake saiki wis halal wong uwis entuk izin seko kiai (Kamu juga ikut makan ikannya. Lagi pula, ikan curian tersebut sudah halal, karena telah mendapat izin dari kiai)," kata Gus Dur.

Baca juga: Obati Kista hingga Bantu Program Hamil, Minum Ramuan Herbal Ini Menurut Ustadz dr Zaidul Akbar 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini