Share

4 Keutamaan Surah Al Maidah, Baca di Alquran Digital Okezone

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 330 2503477 4-keutamaan-surah-al-maidah-baca-di-alquran-digital-okezone-NqA8isaC0T.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Al Maidah bisa disimak di Alquran Digital Okezone. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEUTAMAAN Surah Al Maidah menarik diketahui setiap Muslim. Al Maidah yang memiliki arti "jamuan atau hidangan makanan" ini dikenal sebagai surah terakhir yang diturunkan dalam Alquran. Momentumnya juga bertepatan dengan haji wada’ atau ibadah haji terakhir yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebelum akhir hayatnya. Selengkapnya bisa baca di Alquran Digital Okezone.

Salah satu kandungan dari Surah Al Maidah yang merupakan urutan kelima dalam Alquran ini berisi tentang Kalamullah atau firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang menyatakan bahwa Islam adalah agama paling sempurna.

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلامَ دِيناً

"... pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu." (QS Al-Maidah: 3)

Surah Al Maidah pun memiliki keistimewaan dan keutamaannya tersendiri yang membedakannya dengan surah-surah lain. Apa saja? Berikut ini empat di antaranya, seperti telah MNC Portal rangkum, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: 5 Keutamaan Surah An-Nisa, Baca di Alquran Digital Okezone 

Ilustrasi keutamaan Surah Al Maidah. (Foto: Unsplash)

1. Menjauhkan dari sifat syirik

Syirik atau menyekutukan Allah Subhanahu wa ta'ala adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh-Nya dan merupakan salah satu dosa yang tidak terampuni bagi siapa saja yang melakukannya.

Salah satu keutamaan dan manfaat dari membaca Surah Al Maidah adalah insya Allah menjadi wasilah doa yang akan menghindarkan umat manusia dari sifat syirik.

Baca juga: 5 Keutamaan Surah Ali Imran yang Dijuluki Az-Zahrawaani, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone 

2. Mengatasi keraguan dan perasaan waswas

Selanjutnya fadhilah atau keutamaan dari Surah Al Maidah adalah dapat menjadi wasilah obat dari sifat ragu-ragu, bimbang dan waswas, terutama ketika hendak melakukan ibadah.

Adapun caranya adalah dengan membaca ayat ke-7 dari Surah Al Maidah. Tidak ditentukan jumlahnya, namun makin banyak tentunya makin baik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Menyembuhkan penyakit dusta

Bagi orang yang kerap berdusta dan ingin menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, membaca Surah Al Maidah bisa menjadi obatnya.

Baca juga: 5 Keutamaan Surah Al Baqarah, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone 

4. Membuat orang Yahudi Iri

Keagungan Surah Al Maidah tercermin dari kandungannya. Selain menjadi penyempurna agama Islam, Surah Al Maidah juga disebut sebagai ‘Al-Uqud’ yang berarti "perjanjian", diambil dari ayat pertamanya di mana Allah memerintahkan agar hamba-hamba-NYA memenuhi janji yang mereka buat.

Surat yang terdiri dari 120 ayat ini juga disebut sebagai ‘Al-Munqidz’ yang artinya "menyelamatkan", karena akhir surat ini memiliki cerita tentang Nabi Isa Alaihissallam yang menjadi penyelamat para pengikutnya yang setia dari azab Allah Subhanahu wa ta'ala.

Hal itulah yang sampai-sampai membuat orang Yahudi menjadi iri. Thariq bin Syihab mengungkapkan bahwa alkisah seorang Yahudi berkata kepada Umar bin Khathab, "Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya setiap kali membaca satu ayat dari kitab kalian (QS Al Maidah: 3), maka kami berharap surah itu diturunkan kepada kami niscaya kami akan menjadikan hal itu sebagai hari raya."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Keutamaan Surat Al Fatihah, Baca di Alquran Digital Okezone 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini