Share

Tokoh Muslim Dunia: Abbas bin Firnas, Penemu Teknologi Pesawat Terbang

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 614 2502981 tokoh-muslim-dunia-abbas-bin-firnas-penemu-teknologi-pesawat-terbang-LLSC86IH4x.jpg Tokoh Muslim dunia Abbas bin Firnas sang penemu teknologi pesawat terbang. (Foto: YouTube Hikayat 1001)
A A A

TOKOH Muslim dunia kali ini membahas sosok Abbas bin Firnas. Ia tercatat sebagai orang pertama yang menemukan teknologi pesawat terbang. Ia memiliki nama lengkap Abbas Abu al Qasim bin Firnas ibn Wirdas al Takurini.

Abbas bin Firnas adalah seorang polimatik, penemu, fisikawan, kimiawan, teknisi, dan penyair berbahasa Arab. Ia lahir di Izn-Rand Onda, Al-Andalus (sekarang Ronda, Spanyol). Dia tinggal di Kekhalifahan Cordoba.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Battani Penemu Jumlah 365 Hari dalam Setahun 

Penemuan teknologi pesawat terbang ini berawal pada zaman dahulu ketika semua peradaban selalu mengamati burung yang terbang dan manusia bercita-cita untuk bisa terbang pula. Ketertarikan peradaban Muslim akan kemampuan terbang dikuatkan oleh kepercayaan bahwa jiwa manusia yang meraih tingkat kebaikan tertinggi akan naik meninggalkan permukaan Bumi.

Ilmuwan Muslim Abbas bin Firnas sang penemu teknologi pesawat terbang. (Foto: Wikipedia)

Dalam Syahnamah (Kitab Raja-Raja), penyair asal Persia yakni Firdausi menceritakan kembali dongeng Raja Kai Kawus yang dibujuk roh jahat untuk menyerang surga dengan singgasana terbang. Rajawali yang membawanya kelelahan dan dia pun terjatuh.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Banu Musa Bersaudara Penemu Lampu Otomatis hingga Mekanikal Air Mancur 

Pada Tahun 852 Masehi, seorang Muslim Spanyol bernama Abbas bin Firnas menjadi orang pertama yang melakukan terjun payung ketika meloncat dari atas Masjid Cordoba mengenakan jubah yang telah dimodifikasi.

Kemudian 20 tahun setelah itu, Abbas bin Firnas yang sudah berusia 65 tahun membuat alat terbang pertama yang dapat dikendalikan atau biasa disebut gantole.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Gantole yang diciptakan Abbas bin Firnas berupa kostum yang meniru burung, terbuat dari sutra dan dilapisi dengan bulu-bulu rajawali. Abbas bin Firnas melayang di dunia selama lebih dari 10 menit dengan gantole tersebut sebelum kemudian mendarat.

Pendaratan yang keras menyebabkan si perintis dunia penerbangan itu sadar akan pentingnya ekor burung dalam mendarat. Teknologi pesawat modern masa kini mendarat dengan menggunakan roda belakang terlebih dahulu.

Baca juga: Tokoh Muslim: Nasirudin Al Tusi Astronom Serbabisa yang Dikagumi Dunia 

Sementara itu, Leonardo da Vinci membuat gambar-gambar mesin terbang yang menyerupai burung nyaris 7 abad setelah percobaan Abbas bin Firnas. Demikian seperti dikutip dari buku '1001 Penemuan dan Fakta Mempesona Peradaban Muslim'.

Kemudian pada abad ke-17 Masehi, orang Turki bernama Hazerfen Ahmad Celebi menggunakan gantole yang dilapisi bulu Rajawali untuk melayang melintasi Bosporus, selat yang membentang melewati Instabul, Turki.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Nafis sang Bapak Peredaran Darah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini