Share

5 Tokoh Muslim yang Jadi Presiden di Negara Mayoritas Penduduknya Bukan Beragama Islam

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 614 2503214 5-tokoh-muslim-yang-jadi-presiden-di-negara-mayoritas-penduduknya-bukan-beragama-islam-9ltcf0IzGC.jpg Mohamed Irfaan Ali muslim pertama yang jadi presiden di Guyana. (Foto: Guyanachronicle)
A A A

ISLAM menjadi agama mayoritas dianut di Indonesia, sehingga hal wajar apabila pemimpin negara atau presidennya seorang Muslim. Namun berbeda dengan banyak negara di luar sana, Islam menjadi agama yang minoritas.

Tetapi ternyata beberapa tokoh Muslim berhasil menjadi presiden di negara yang mayoritas penduduknya bukan beragama Islam.

Nah, berikut beberapa tokoh Muslim yang menjadi presiden atau pemimpin di negara mayoritas non-Muslim, sebagaimana dihimpun dari kanal YouTube Channel Cah Solo, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Tokoh Muslim dunia: Abbas bin Firnas, Penemu Teknologi Pesawat Terbang 

1. Samia Suluhu Hassan, Tanzania

Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan dilantik pada Maret 2021 setelah meninggalnya Presiden John Magfuli akibat dari virus Corona. John Magfuli merupakan salah satu tokoh yang tidak percaya dengan virus corona. Setelah meninggal, Wakil Presiden Samia Suluhu Hassan dilantik menjadi Presiden Tanzania. Ia sekaligus menjadi muslim pertama yang menjadi presiden di Tanzania.

2. Halimah Yacob, Singapura

Meskipun masih dalam rumpun Melayu seperti Malaysia dan Indonesia, agama Islam bukanlah agama mayoritas di Singapura. Tapi tercatat pada 2017, Halimah Yacob diangkat menjadi presiden sekaligus menjadi muslim pertama yang menjadi presiden di Singapura.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Battani Penemu Jumlah 365 Hari dalam Setahun 

3. Mohamed Irfaan Ali, Guyana

Dari pesisir Amerika Selatan, tepatnya negara Guyana yang bersebelahan dengan Venezuela dan Brasil, ini mayoritas agama yang dianut masyarakatnya yaitu Kristen. Namun, Mohamed Irfaan Ali berhasil terpilih menjadi presiden ke-9 Guyana, meskipun penduduk yang menganut agama Islam di sana hanya sekira 7 persen.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Ameenah Gurib Fakim, Mauritius

Banyak orang jarang mendengar negara ini. Mauritius berada di Samudera Hindia atau lebih tepatnya sebelah timur dari negara Madagaskar dan merupakan negara dengan mayoritas agama Hindu.

Di sana hampir separuh penduduk beragama Hindu, tetapi pada tahun 2015–2018 negara ini dipimpim seorang muslim yaitu Ameenah Gurib Fakim. Ini menjadikannya sebagai muslim pertama yang menjadi presiden di negara Mauritius.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Banu Musa Bersaudara Penemu Lampu Otomatis hingga Mekanikal Air Mancur 

5. Ali Bongo Ondimba, Gabon

Negara yang berada di Benua Afrika ini merupakan negara mayoritas beragama non-Muslim, tetapi presidennya Ali Bongo Ondimba merupakan seorang Muslim. Ia menjabat sejak tahun 2009 hingga saat ini.

Baca juga: Tokoh Muslim: Nasirudin Al Tusi Astronom Serbabisa yang Dikagumi Dunia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini