Share

7 Negara Penyumbang Populasi Muslim Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 614 2503286 7-negara-penyumbang-populasi-muslim-terbanyak-di-dunia-indonesia-termasuk-dqOt3I1Bcj.jpg Ilustrasi populasi Muslim. (Foto: Dok Okezone/Widi Agustian)
A A A

PERADABAN Islam yang bermula berkembang di tanah Arab ini terus berkembang dan akan makin besar. Saat ini saja populasi Muslim menjadi yang terbesar kedua dengan 1,9 miliar umat Islam di dunia.

Bahkan menurut lembaga riset asal Amerika Serikat, Pew Research Center (PRC), memprediksi Islam akan menjadi agama mayoritas pada tahun 2075. Namun sebelum jauh menuju tahun tersebut, pada masa sekarang terdapat beberapa negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Berikut tujuh negara penyumbang populasi Muslim terbesar di dunia, sebagaimana dihimpun dari YouTube Data Fakta, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Perjalanan Spiritual Jenderal Andika Perkasa hingga Jadi Mualaf 

1. Iran

Negara yang berada di Timur Tengah ini menjadikan negara penyumbang Muslim terbesar ketujuh di dunia. Agama Islam yang menjadi mayoritas di negara tersebut menyumbang lebih dari 82 juta jiwa Muslim.

Ilustrasi populasi Muslim. (Foto: YouTube Data Fakta)

2. Mesir

Negara asal pesepakbola hebat Mohammed Salah ini menjadi penyumbang Muslim terbesar ke-6 di dunia. Negara yang menjadi pusat peradaban kuno tersebut menyumbang lebih dari 85 juta jiwa memeluk agama Islam.

3. Nigeria

Negara Afrika Barat ini menjadi negara penyumbang Muslim nomor 5 di dunia. Negara ini menyumbang lebih dari 95 juta jiwa memeluk agama Islam.

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Rabu 17 November 2021M/11 Rabiul Akhir 1443H 

4. Banglades

Negara yang dahulu menjadi bagian dari Pakistan dan telah memisakah diri ini menjadi penyumbang Muslim terbesar ke-4 di dunia. Umat Islam yang berada di Banglades merupakan bekas perpecahan dari Pakistan, namun tetap memeluk agama Islam. Muslim di Banglades lebih dari 150 juta jiwa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. India

Negara dengan populasi terbesar kedua di dunia ini menjadi penyumbang Muslim terbesar ke-3 di dunia. Meskipun negara yang menjadi pusat agama Hindu dan Buddha, pemeluk agama Islam di India menjadi terbesar kedua setelah Hindu. India menjadi penyumbang Muslim yang lebih dari 200 juta jiwa.

Baca juga: 5 Tokoh Muslim yang Jadi Presiden di Negara Mayoritas Penduduknya Bukan Beragama Islam 

6. Pakistan

Negara yang secara resmi bernama Republik Islam Pakistan ini terletak di Selatan Asia ini menjadi penyumbang terbesar ke-2 di dunia. Islam menjadi agama mayoritas di negara ini, bahkan jumlah penduduk Islam-nya lebih dari 210 juta jiwa.

Baca juga: Momen Indah Pangeran Ghana Mualaf Dihadiahi Jubah oleh Imam Masjidil Haram, Netizen: Akhlak Mulia 

7. Indonesia

Tentu saja negara kita ini menjadi negara dengan penyumbang Muslim terbesar di dunia. Penganut agama Islam di Indonesia lebih dari 230 juta jiwa yang terpusat di Pulau Jawa dan Sumatera. Bahkan, banyaknya peringatan nasional dari agama Islam karena besarnya pengaruh agama Islam di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini