Share

Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Perjalanan Spiritual Jenderal Andika Perkasa hingga Jadi Mualaf

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 621 2503270 dilantik-jadi-panglima-tni-ini-perjalanan-spiritual-jenderal-andika-perkasa-hingga-jadi-mualaf-IJ0ecofO0k.jpg Presiden Jokowi resmi melantik Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
A A A

JENDERAL Andika Perkasa resmi menjadi Panglima TNI setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini di Istana Negara. Ia menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Dalam pelantikan di Istana Negara, Jenderal Andika Perkasa diambil sumpahnya berdasarkan agama Islam yang dianutnya. Ia bersumpah di bawah kitab suci Alquran.

Baca juga: Kisah Mualaf Jenderal Andika Perkasa, Mantap Memeluk Islam ketika Momen Ini 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jenderal Andika Perkasa yang mengikuti perkataan Presiden Jokowi, Rabu (17/11/2021).

Namun di balik perjalanan karier cemerlangnya hingga menjadi Panglima TNI, ternyata ada kisah spiritual di balik Jenderal Andika Perkasa, yakni sosoknya sebagai mualaf.

Baca juga: Cerita Mualaf Cantik Asal Australia, Mantap Pakai Hijab Setelah Alami Kejadian Mengejutkan 

Awal mula ketika mengawali karier sebagai tentara, Andika Perkasa diketahui masih beragama Katolik. Ia memiliki nama Emanuel Andika Perkasa. Hal ini diketahui setelah beredarnya data Andika saat masih menjadi taruna di Akademi Militer (Akmil).

"Dari nama-nama itu dan agama jelas pada saat itu memang Andika Perkasa beragama Katolik," kata pengamat militer sekaligus wartawan senior Selamat Ginting, seperti dikutip dari kanal YouTube Hersubeno Point.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tapi harus diingat, lanjut dia, ketika dilantik menjadi KSAD pada tahun 2018 di Istana Negara, Jenderal Andika Perkasa bersumpah di atas Alquran. Dengan demikian ia sudah menjadi Muslim.

Selamat Ginting melanjutkan, momen Andika menjadi mualaf ketika menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono. Sang istri merupakan putri dari tokoh nasional Jenderal (Purn) AM Hendropriyono.

Baca juga: Dulu Tak Percaya Tuhan, Pria Inggris Ini Jadi Mualaf Setelah Lihat Perilaku Muslim Suriah 

Ia melanjutkan, Andika menikah dengan Hetty dengan cara Islam. "Artinya di situlah Andika mualaf," jelas Selamat.

Setelah menjadi Muslim, tambah Selamat Ginting, dia mengubah namanya menjadi Andika Perkasa saja. Keislaman Jenderal Andika Perkasa terlihat ketika momen-momen seperti Ramadhan dan hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

Baca juga: Kisah Mualaf Bella Saphira, Terungkap Cobaan Berat yang Dihadapi 

Ketika di momen kebesaran umat Islam itu, terang Selamat Ginting, Andika Perkasa tampak mengenakan baju koko, kopiah, dan sebagainya. Jadi tidak perlu diragukan lagi sebagai Muslim.

"Saat Idul Fitri juga. Saat menyambut kelahiran cucunya juga Andika menggunakan baju koko dengan wajah semringah. Jadi celar-lah Andika Perkasa seorang Muslim," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini