Share

Ini Keutamaan Menjalankan Puasa Senin Kamis yang Berbarengan dengan Ayyamul Bidh

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 330 2503583 ini-keutamaan-menjalankan-puasa-senin-kamis-yang-berbarengan-dengan-ayyamul-bidh-1OLKPb0eD4.jpg Ilustrasi puasa Senin Kamis berbarengan dengan puasa ayyamul bidh. (Foto: Shutterstock)
A A A

DAI muda Nahdlatul Ulama Ustadz Muhammad Najmi Fathoni mengatakan di antara ibadah yang dicatat pada hari Senin dan Kamis adalah ketika Muslimin menjalankan amalan sunah puasa. Sebab di dalamnya terdapat keutamaan besar, apalagi jika berbarengan dengan puasa ayyamul bidh seperti hari ini.

"Mengenai keutamaan puasa Senin Kamis, ada hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menyebutkan ada berbagai amalan itu dilaporkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yaitu pada hari Senin dan Kamis," ujarnya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Doa Buka Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh Sesuai Sunah 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa." (HR Tirmidzi; shahih lighairihi)

Ilustrasi puasa Senin Kamis dan puasa ayyamul bidh. (Foto: Shutterstock)

Selain itu, lanjut Ustadz Najmi, bagi Muslimin yang melaksanakan puasa Senin Kamis akan meraih manfaat lainnya yang begitu banyak. Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan tubuh.

Lebih lanjut, hari Senin dan Kamis juga waktu dibukanya pintu surga. Hal ini menunjukkan betapa mulianya hari tersebut, dan beruntungnya bagi orang-orang yang berpuasa sunah pada waktu itu.

Baca juga: Viral Oki Setiana Dewi Lari Tutup Aurat Ria Ricis, Mana Saja Aurat Wanita Menurut Islam? 

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: "Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan." (HR Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara puasa sunah ayyamul bidh disebut juga puasa hari-hari putih. Sebab saat pelaksanaannya, bulan di langit sedang bersinar sangat terang atau tampak lebih putih dari biasanya.

Puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan yang sangat besar. Pahala yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk orang yang menunaikannya sama seperti melakukan puasa sepanjang tahun.

Baca juga: Kuatkan Tulang dan Otak, Konsumsi Minuman Alami Ini Menurut Ustadz dr Zaidul Akbar 

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis sahih dari riwayat Abdullah bin Amr bin Al Ash, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." (HR Bukhari Nomor 1979)

Baca juga: Kisah Konjen dan Dubes Inggris Masuk Islam di Tanah Suci, Alasannya Tak Terduga 

Kemudian dalam riwayat dari Abu Dzar, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya: "Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriah)." (HR Tirmidzi Nomor 761 dan An Nasai Nomor 2425. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini