Share

2 Mukjizat Nabi Ishaq yang Belum Banyak Diketahui Umat Manusia

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 614 2504283 2-mukjizat-nabi-ishaq-yang-belum-banyak-diketahui-umat-manusia-sAZK5uN2xl.jpg Ilustrasi kisah mukjizat Nabi Ishaq Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)
A A A

SETELAH Nabi Ismail Alaihissallam, kemudian ada Nabi Ibrahim Alaihissallam memiliki anak kedua bernama Ishaq yang juga merupakan seorang nabi. Kelahiran Nabi Ishaq Alaihissallam sangat dinantikan.

Nabi Ishaq Alaihissallam merupakan putra Nabi Ibrahim Alaihissallam dan Siti Sarah. Dalam sebuah riwayat disebutkan Nabi Ishaq lahir setelah 14 tahun kelahiran Nabi Ismail Alaihissallam dari ibunya Siti Hajar.

Baca juga: Kisah Nabi Luth dan Mukjizatnya Menghadapi Kaum Sodom 

Kelahiran Nabi Ishaq Alaihissallam menjadi jawaban atas kegundahan hati Nabi Ibrahim Alaihissallam yang hijrah dari kaum dan ayahnya yang membangkang kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Disebutkan dalam firman Allah Ta'ala:

فَلَمَّا اعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۙوَهَبْنَا لَهٗٓ اِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَۗ وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا

Artinya: "Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishaq dan Yaqub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi." (QS Maryam: 49)

Ilustrasi kisah sahabat Nabi. (Foto: Baztab)

Nabi Ishaq Alaihissallam menjadi penerus sang ayah untuk menyebarkan dan berdakwah ajaran Allah Subhanahu wa ta'ala. Setelah kepergian Nabi Ibrahim Alaihissallam, Nabi Ishaq belum juga menikah karena sebelumnya ia tidak diizinkan ayahnya menikah dengan wanita Kana'an sebab masyarakatnya tidak mengenal Allah Ta'al dan asing terhadap keluarganya.

Baca juga: Selain Tidak Mempan Dibakar, Ini Mukijizat Nabi Ibrahim yang Jarang Diketahui 

Nabi Ishaq Alaihissallam menjadi salah satu nabi yang ditulis di dalam Alquran. Ia juga diberi mukjizat oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Mukjizat yang diterimanya menjadi pelajaran dan bentuk rasa syukur.

Nabi Ishaq Alaihissallam diangkat menjadi nabi dan rasul pada umur 40 tahun di Palestina, tepatnya berada di Kota Hebron.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Jumat (19/11/2021), berikut ini dua mukjizat Nabi Ishaq Alaihissallam yang wajib diketahui kaum Muslimin.

1. Memiliki keturunan di usia 100 tahun

Rafqah merupakan istri Nabi Ishaq Alaihissallam yang sejak mereka menikah belum juga dikaruniai anak oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Akan tetapi, Nabi Ishaq tetap berdakwah, menyebarkan ajaran Allah Ta'ala.

Ketika usia Nabi Ishaq Alaihissallam menginjak 100 tahun, atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala, Rafqah akhirnya melahirkan seorang anak. Padahal kala itu ia diketahui mandul, sehingga kecil kemungkinan memiliki anak.

Menariknya lagi, Rafqah melahirkan anak kembar yaitu diberi nama Ishuu dan Yaqub.

Baca juga: 10 Peninggalan Para Nabi yang Menggemparkan Dunia, Ada Sisa Kapal Raksasa 

2. Pencetus kaum Bani Israil dan bangsa Romawi

Kaum Bani Israil lahir dari keturunan Nabi Yaqub Alaihissallam. Nabi Yaqub sendiri memiliki nama lain yaitu Israil, dan itu merupakan keturunan Nabi Ishaq Alaihissallam. Sehingga dari keturunannya tersebut lahirlah kaum Bani Israil dan bangsa Romawi.

Mulanya Ishuu atau ‘Ish ini disebut-sebut sebagai nenek moyang yang melahirkan bangsa Romawi. Sementara Yaqub adalah salah seorang anak dari Nabi Ishaq Alaihissallam dan cucu Nabi Ibrahim Alaihissallam yang mendapat tugas melanjutkan perjuangan dakwah pendahulunya sebagai nabi dan rasul.

Selanjutnya Nabi Ishaq Alaihissallam inilah melahirkan keturunan dari kaum Bani Israil dan menurunkan nabi serta rasul. Termasuk di dalamnya adalah Nabi Yusuf Alaihissallam, putra Nabi Yaqub, hingga Nabi Isa Alaihissallam.

Sedangkan yang terakhir terlahir dari keturunan Nabi Ismail Alaihissallam, yakni Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 5 Aksi Nekat Upaya Pencurian Jasad Nabi Muhammad, Ada yang Dilakukan Raja Sampai Dua Kali 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini