Share

Alquran dan Sains Ungkap Sarang Laba-Laba yang Rapuh adalah Mukjizat, Ini Faktanya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 614 2504469 alquran-dan-sains-ungkap-sarang-laba-laba-yang-rapuh-adalah-mukjizat-ini-faktanya-xukBCpjPal.jpg Ilustrasi sarang laba-laba adalah mukjizat menurut Alquran dan sains. (Foto: Unsplash)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap mukjizat yang bisa ditimbulkan dari sarang laba-laba yang rapuh. Hal ini sebagaimana kisah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang pernah selamat dari kejaran kaum Quraisy berkat sarang laba-laba.

Kala itu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan sahabatnya Abu Bakar As-Shiddiq bersembunyi di sebuah gua. Atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala, sarang laba-laba tersebut menghalangi keberadaan Nabi di dalamnya.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Penyebab Tumbuhnya Uban, Karena Apa? 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

مَثَلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَوْلِيَآءَ كَمَثَلِ ٱلْعَنكَبُوتِ ٱتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ ٱلْبُيُوتِ لَبَيْتُ ٱلْعَنكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

Artinya: "Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui." (QS. Al Ankabut: 41)

Sarang laba-laba di Australia. (Foto: Carolyn Crossley/BBC)

Dikutip dari buku 'Buku Pintar Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, beberapa kitab tafsir menjelaskan bahwa sarang laba-laba rapuh karena tidak bisa melindungi dari panas, dingin, hujan, dan angin. Dia dianggap rapuh karena ringkih dan tidak kukuh. Begitulah yang diungkapkan dalam beberapa kitab tafsir.

Baca juga: 6 Obat Herbal yang Tertulis di Alquran, Bisa Menyembuhkan Segala Penyakit kecuali Kematian 

Namun, seorang profesor yang banyak meneliti tentang serangga mengungkapkan dalam salah satu bukunya bahwa dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala: "Seperti laba-laba yang membuat rumah" terdapat kemukjizatan ilmiah. Yang membangun rumah adalah laba-laba betina sehingga pada kata "membuat" (ittakhadzat) terdapat penanda perempuan (muannats) yang berupa huruf Ta' ta'nits.

Laba-laba betinalah yang merangkai rumah atau sarangnya. Lalu ia mempersilakan laba-laba jantan untuk masuk seraya berdiri di depannya dengan gerakan-gerakan yang memesona dan nyanyian merdu agar si jantan mau masuk ke dalam rumah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah terjadi proses pembuahan, laba-laba betina akan memakan laba-laba jantan jika si jantan tidak berhasil melarikan diri. Si betina pun akan memakan anak-anaknya jika mereka tidak berhasil melarikan diri. Anak-anak laba-laba pun akan saling memakan satu sama lain.

Jadi, rumah laba-laba memang rumah "berantakan'' karena hubungan individu-individu di dalamnya rapuh, di samping bangunannya pun lemah. Dengan demikian, Alquran mengumpulkan dua kelemahan rumah laba-laba dalam satu perkataan saja.

Baca juga: Ini Cara Meredam Marah secara Islami Menurut Alquran dan Sains 

Kemudian baru-baru ini terungkap bahwa jaring laba-laba tidak bisa bertahan lebih dari satu malam. Setelah semalam ia tidak bisa bertahan lebih dari satu malam. Setelah semalam ia tidak bisa lagi digunakan untuk berburu mangsa karena telah mengering dan zat pelengketnya tidak lengket lagi.

Jaring laba-laba pun rusak ketika fajar menyingsing, setelah ia menunaikan tugasnya pada waktu malam. Jadi, rumah laba-laba adalah rumah yang sangat rapuh, sebuah rumah yang hanya mampu bertahan paling lama satu malam saja.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ikan Paus Bisa Hidup di Daerah Suhu Ekstrem, Ini Penyebabnya Menurut Alquran dan Sains 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini