Share

Keutamaan Surah Al Anfal, Baca di Alquran Digital Okezone

Hantoro, Jurnalis · Senin 22 November 2021 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 330 2505281 keutamaan-surah-al-anfal-baca-di-alquran-digital-okezone-relcbCs93Q.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Al Anfal, selengkapnya baca di Alquran Digital Okezone. (Foto: Freepik)
A A A

SETIAP Muslim hendaknya mengetahui keutamaan Surah Al Anfal. Ini merupakan surah kedelapan di dalam kitab suci Alquran. Selengkapnya bisa baca di Alquran Digital Okezone.

Surah Al Anfal memiliki arti "Harta Rampasan Perang". Terdiri dari 75 ayat dan termasuk golongan surah Madaniyah atau diturunkan di Kota Madinah, Arab Saudi.

Baca juga: Keutamaan Surah Al A'raf, Baca di Alquran Digital Okezone 

Surah ini dinamakan Al Anfal karena di dalamnya tedapat lafaz "Al Anfal" pada permulaan ayatnya. Menurut riwayat Ibnu Abbas, Surah Al Anfal diturunkan berkenaan dengan Perang Badar Kubra yang terjadi pada tahun kedua hijriah.

Perang tersebut mendapat perhatian di dalam kitab suci Alquran karena dianggap memiliki peranan penting dalam kemajuan peradaban Islam.

Baca juga: 2 Keutamaan Surah Al An'am, Baca di Alquran Digital Okezone 

Dalam perang itu, pasukan Muslimin yang hanya berjumlah sedikit dan dengan perlengkapan seadanya berhasil mengalahkan pasukan musyrikin yang sangat besar disertai perlengkapan perang lengkap.

Kaum Muslimin pun mendapat harta rampasan perang yang sangat banyak. Oleh karena itu, timbullah masalah bagaimana membagi harta rampasan perang itu secara adil dan benar. Maka Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan ayat pertama dari surat ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dikutip dari laman Abusyuja, Senin (22/11/2021), pokok kandungan Surah Al Anfal adalah Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa menyertai orang-orang yang beriman dan melindungi mereka.

Di surah ini juga dijelaskan mengenai jaminan Allah Subhanahu wa ta'ala terhadap kemenangan kaum Muslimin, adanya pertolongan para malaikat dalam Perang Badar yang menolong kaum Muslimin, syirik adalah dosa besar, aturan pembagian harta rampasan perang.

Baca juga: 4 Keutamaan Surah Al Maidah, Baca di Alquran Digital Okezone 

Kemudian larangan mundur dalam perang, tujuan peperangan dalam Islam, larangan berkhianat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, serta larangan mengkhianati perjanjian.

Di dalam Surah Al Anfal juga memuat kisah-kisah keengganan kaum Muslimin mengikuti Perang Badar, baik sebelumnya maupun sesudahnya, serta ketika perang masih berlangsung.

Baca juga: 5 Keutamaan Surah An-Nisa, Baca di Alquran Digital Okezone 

Kisah tentang keadaan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sebelum hijrah, permusuhan kaum musyrik terhadap Nabi, orang Yahudi membatalkan perjanjian dengan Nabi, keadaan orang-orang musyrikin, ahli kitab dan keburukan orang-orang munafik.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini