Share

Alquran dan Sains Ungkap Henna Bisa Jadi Obat Tertusuk Duri hingga Tumbuhnya Kutil

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 22 November 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 614 2505545 alquran-dan-sains-ungkap-henna-bisa-jadi-obat-tertusuk-duri-hingga-tumbuhnya-kutil-D4Gt5QMWKi.jpg Ilustrasi khasiat henna menurut Alquran dan sains. (Foto: Shutterstock)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap keistimewaan henna atau kosmetik yang biasa dipakai para perempuan untuk mempercantik kuku, tangan, hingga rambut. Tapi ternyata Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam juga menganjurkan henna sebagai pengobatan.

Sebagaimana dinukil dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, Senin (22/11/2021), henna berkhasiat dalam mengobati peradangan kulit kepala. Hal ini seperti dalam riwayat Salma Ummu Rafi’, tidaklah pernah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tertusuk duri dan ditumbuhi kutil, kecuali beliau meletakkan daun henna di atasnya.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Sarang Laba-Laba yang Rapuh adalah Mukjizat, Ini Faktanya 

Dari Salma Ummu Rafi' disebutkan bahwa sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam setiap kali ada seseorang yang mengadukan tentang sakit kepala kepada beliau, beliau berkata, "Berbekamlah." Jika ada seseorang yang mengadukan tentang sakit di kedua kakinya kepada beliau, beliau bersabda, "Lumurilah/oleskanlah dengan henna." (HR Bukhari dan Abu Dawud)

Ilustrasi khasiat henna menurut Alquran dan sains. (Foto: Shutterstock)

Salma Ummu Rafl’ juga menuturkan, ketika Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tertusuk duri dan ditumbuhi kutil, beliau meletakkan henna di atasnya (sebagai obat). (HR At-Tirmidzi dan Abu Dawud)

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Penyebab Tumbuhnya Uban, Karena Apa? 

Ternyata henna juga sudah terkenal sejak dahulu. Henna telah digunakan pada masa Firaun untuk berbagai tujuan. Henna dapat dijadikan pasta tangan, sebagai pewarna rambut, dan untuk mengobati luka. Mumi-mumi Firaun juga banyak yang diwarnai dengan henna.

Dari bunga-bunganya dihasilkan minyak atsiri. Bagi orang-orang Muslim, henna dianggap memiliki semacam kesucian sehingga mereka menggunakannya untuk bahan kosmetik. Pastanya dipakai untuk mewarnai tangan, kaki, dan rambut. Henna juga digunakan untuk menghiasi makam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di Eropa dan Amerika, penggunaan henna untuk pewarnaan rambut dianjurkan, karena tidak berbahaya dan justru menguatkan akar rambut pada kulit kepala. Ini dikarenakan penggunaan pewarna rambut kimia sering menyebabkan alergi dan radang, bahkan kadang-kadang memabukkan.

Di zaman sekarang henna juga menarik perhatian, karena kegunaannya sebagai bahan produksi alat pewarna. Sejumlah penelitian ilmiah menyimpulkan bahwa henna adalah pewarna paling baik untuk rambut, sebab tak membahayakan rambut.

Baca juga: 6 Obat Herbal yang Tertulis di Alquran, Bisa Menyembuhkan Segala Penyakit kecuali Kematian 

Menurut para peneliti, henna mengandung zat astringent yang biasa disebut tannine (hennatanin) dan mengandung zat pewarna yang paling penting yaitu lawsone.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan para sahabat juga kerap menggunakan henna sebagai pewarna rambut, yakni untuk menutupi uban yang tumbuh seiring bertambahnya usia, atau karena genetik.

Baca juga: Ini Cara Meredam Marah secara Islami Menurut Alquran dan Sains 

Dari Abu Umamah disebutkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menemui tetua/kepala suku kaum Anshar yang berjenggot putih. Beliau lalu berkata, "Wahai kaum Anshar, merahkanlah dan kuningkan serta tinggalkanlah Ahlul Kitab." (HR Ahmad)

Jabir Radhiyallahu anhu berkata, "Saya datang dengan Abu Qahafah pada hari pembebasan dan kepalanya seperti tsaghamah. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam lalu bersabda: 'Ubahlah ini dengan sesuatu dan hindarilah warna hitam'." (HR Muslim) Tsaghamah adalah tumbuhan yang bunga dan buahnya berwarna putih, biasa disebut bayadhu asy-syaib (putih abu-abu).

Dari Anas Radhiyallahu anhu disyebutkan pula, "Abu Bakar mewamai rambutnya dengan henna (inai) dan katam, Umar mewarnai rambut dengan henna murni." (HR Muslim) Sebagaimana diketahui, katam adalah tanaman dari Yaman yang memproduksi warna hitam kemerahan.

Abu Dzar meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, "Sesungguhnya yang paling baik untuk mengubah uban adalah henna dan katam." (HR Ashabus Sunan)

Baca juga: Ikan Paus Bisa Hidup di Daerah Suhu Ekstrem, Ini Penyebabnya Menurut Alquran dan Sains 

Di antara manfaat-manfaat henna adalah jika diletakkan di kepala untuk waktu yang lama, maka zat astringent dan antiseptik di dalamnya bekerja membersihkan kulit kepala dari mikroba dan parasit.

Henna juga berkhasiat dalam mengobati peradangan kulit kepala. Dikisahkan Salma Ummu Rafi’, tidaklah pernah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tertusuk duri dan ditumbuhi kutil, kecuali beliau meletakkan daun henna di atasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kenapa Harus Menutup Mulut saat Bersin atau Menguap? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini