Share

Tokoh Muslim Dunia: Al Hajj Umar Yamaoka, Orang Pertama yang Mensyiarkan Islam di Jepang

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Senin 22 November 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 614 2505613 tokoh-muslim-dunia-al-hajj-umar-yamaoka-orang-pertama-yang-mensyiarkan-islam-di-jepang-Lv9YXk4MFw.jpg Tokoh Muslim Al Hajja Umar Yamaoka sang penyebar Islam di Jepang. (Foto: YouTube ILM Film)
A A A

TOKOH Muslim dunia kali ini membahas sosok Al Hajj Umar Yamaoka. Ia selama ini dikenal sebagai orang yang mensyiarkan ajaran agama Islam di Jepang. Dia juga tercatat sebagai orang pertama dari Negeri Matahari Terbit yang menunaikan ibadah haji.

Dikutip dari kanal YouTube ILM Film, Senin (22/11/2021), hubungan Jepang dan Arab Saudi diperkuat oleh jamaah Jepang pertama yang kali melakukan perjalanan haji pada tahun 1900-an.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ahmad bin Thulun sang Pencetus Perawatan Medis Modern 

Arsip menunjukkan bahwa Muslim pertama Jepang yang melaksanakan ibadah haji adalah Mitsutaro Yamaoka. Ia kemudian mengubah namanya menjadi Umar Yamaoka pada 1909.

Tokoh Muslim Al Hajja Umar Yamaoka sang penyebar Islam di Jepang. (Foto: YouTube ILM Film)

Umar Yamaoka masuk Islam di Bombay, India, terkait pertemuannya dengan Abdul Rashid Ibrahim yang merupakan seorang ulama Rusia yang pernah tinggal di Jepang. Setelah itu Umar Yamaoka ikut perjalanan haji bersama Abdul Rashid Ibrahim dalam memperdalam keilmuan tentang agama.

Baca juga: 5 Tokoh Muslim yang Jadi Presiden di Negara Mayoritas Penduduknya Bukan Beragama Islam 

Selama perjalanannya, Yamaoka menyimpan catatan perjalanan yang mendokumentasikan perjalanannya dan merefleksikan pengamatannya. Setelah kembali ke Jepang, ia mulai berbagi pengalamannya tentang haji melalui buku-bukunya, kemudian terlibat diskusi dengan orang-orang Jepang tentang Islam dan Makkah.

Ajaran Yamaoka membuka jalan bagi Muslim Jepang lainnya untuk melakukan perjalanan ibadah haji. Salah satunya jamaah kedua asal Jepang yakni Noor Muhammad Tanaka Ippei yang memberanikan diri pergi haji pada 1924 dan kembali lagi tahun 1933.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Memiliki Santri Seorang Samurai

Ajaran Yamaoka juga membuka pintu bagi masyarakat Jepang untuk memeluk agama Islam. Salah satunya seorang pendekar pedang atau yang biasa disebut "Samurai" yang merupakan keturunan Yamaguchi yaitu Ryoichi Mita.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Abbas bin Firnas, Penemu Teknologi Pesawat Terbang 

Setelah berguru dengan Umar Yamaoka, Ryoichi memeluk Islam pada usia 41 tahun dan menambakan nama Umar di depan namanya menjadi Umar Ryoichi Mitta. Ia merupakan seorang penerjemah pertama Alquran di Negeri Sakura tersebut.

Merasakan kebutuhan spiritual atas terjemahan Alquran agar tidak bias bagi dirinya maupun rakyat Jepang lain, dia bertekad menejermahkan Alquran ke bahasa Jepang meskipun usianya kala itu sudah menginjak 69 tahun. Penerjemahan Alquran ke dalam bahasa Jepang karya Umar Ryoichi Mita terbit pada 1972.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Battani Penemu Jumlah 365 Hari dalam Setahun 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini