Share

Masya Allah, Masjid Terapung Megah Segera Dibangun di Kalimantan Selatan

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 22 November 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 615 2505469 masya-allah-masjid-terapung-megah-segera-dibangun-di-kalimantan-selatan-tuV7zSQmoM.jpeg Masjid terapung megah segera dibangun di Kalimantan Selatan. (Foto: Antara)
A A A

MASJID terapung megah dilaporkan segera dibangun di daerah Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Masjid terapung tersebut sekaligus akan menjadi ikon wisata religi di sana.

"Pembangunan masjid terapung tersebut akan menelan dana sekira Rp25 miliar lebih. Kalau tidak ada halangan, pengerjaannya rampung pada 2023," kata Dindin Makinudin selaku pihak yang melakukan pembangunan masjid ini, di Tanah Bumbu, seperti dikutip dari Antara, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Kisah Mualaf Tere, Berawal Mimpi Ditanya Siapa Tuhanmu dan Nabimu? 

Masjid terapung tersebut akan memiliki dua bangunan utama bertingkat. Lantai 1 bakal digunakan sebagai ruang serbaguna, ruang kelas, dan ruang sekretariat. Lantai 2 direncanakan sebagai tempat ibadah dengan kapasitas jamaah hingga 500 orang.

Masjid terapung megah segera dibangun di Kalimantan Selatan. (Foto: Antara)

Program ini merupakan pembangunan menggunakan dana CSR dengan sistem multi-tahun atau bertahap. Program ini juga sudah disinkronkan dengan rencana daerah dalam penataan area yang ditetapkan dalam RPJMD 2022.

Penetapan area serta penetapan arah kiblat sudah dikoordinasikan dengan pihak pemerintah daerah dan ditetapkan bersamaan dengan acara peletakan batu pertama pada Maret 2021.

Baca juga: Viral Polisi Kanada Kumandangkan Azan dengan Suara Merdu, Netizen: Damai Rasanya 

Selanjutnya, pembangunan masjid terapung akan diserahkan ke pemerintah daerah dengan harapan penggunaan bangunan tersebut lebih maksimal dan geliat perekonomian di sekitar area dapat meningkat, sehingga ini akan menjadi potensi pendapatan daerah yang cukup baik.

"Saat ini pekerjaan yang dilakukan pada tahap konstruksi struktur bawah dan 'break water' atau pemecah ombak, harapannya di periode 2022 struktur pembangunan lantai atas dapat dimulai," ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut dia, pembangunan masjid terapung sudah melalui pemetaan yang dilakukan oleh Universitas Lambung Mangkurat, IPB, dan UI pada saat proses penyusunan baseline data.

Ada tiga hal yang menjadi pertimbangan berdasarkan hasil kajian tersebut, yaitu masyarakat lingkar satu secara khusus dan masyarakat Tanah Bumbu secara umum adalah masyarakat yang religius yang taat dalam menjalankan syariat peribadatan menurut agama dan kepercayaan yang dianutnya.

Baca juga: 5 OOTD Hijab Syari Terbaru Ustadzah Oki Setiana Dewi, Simpel dan Memesona 

Tanah Bumbu terdapat banyak sumber daya alam berupa pantai yang indah dan berpotensi untuk menjadi wahana wisata.

"Potensi sumber daya alam termasuk area pantai dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan sumber pendapatan asli daerah (PAD) melalui dari sektor wisata. Untuk itu konsep yang dikembangkan adalah masjid terapung sebagai sarana peribadatan dan wahana wisata religi di wilayah tersebut," pungkasnya.

Baca juga: 3 Mujizat Luar Biasa Nabi Ismail, Nomor 1 Awal Mula Prosesi Ibadah Besar 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini