Share

Minyak Zaitun Cegah Penyakit Kulit serta Kanker? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 614 2506507 minyak-zaitun-cegah-penyakit-kulit-serta-kanker-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-9YHt5z7dgY.jpg Alquran dan sains mengungkap khasiat minyak zaitun untuk kesehatan manusia. (Foto: Freepik)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap keistimewaan minyak zaitun. Dijelaskan, zaitun adalah buah yang diberkahi Allah Subhanahu wa ta'ala dan keberadaannya tertulis di dalam ayat-ayat suci Alquran serta hadis.

Sementara di zaman modern ini buah zaitun diolah menjadi berbagai bahan. Di antaranya digunakan untuk bahan perawatan rambut, wajah, tubuh, hingga menjadi bahan masakan.

Baca juga: Mengapa Nyamuk Mengisap Darah Manusia? Alquran dan Sains Ungkap Alasannya 

Rasulullah Shalallahu alaihi wassallam bersabda, "Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ...

Artinya: "... yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis)..." (QS An Nur: 35)

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Henna Bisa Jadi Obat Tertusuk Duri hingga Tumbuhnya Kutil 

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, Al Qurthubi mengatakan buah zaitun memiliki sejumlah manfaat, di antaranya dapat dijadikan minyak dengan cara memeras buahnya. Minyak itu bisa digunakan sebagai lauk-pauk, minyak oles, dan bahan bakar.

"Buah zaitun mengandung banyak manfaat. Dialah pohon yang pertama kali tumbuh di bumi, pertama kali tumbuh kembali setelah peristiwa banjir Nuh, dan tumbuh di rumah-rumah para nabi dan sejumlah tempat suci. Ia bahkan didoakan dengan keberkahan oleh 70 orang nabi," kata Qurthubi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Allah Subhanahu wa ta'ala pun menyebutkan bahwa pohon zaitun adalah tanaman yang diberkahi-Nya. Kemudian, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan para sahabat menganjurkan pemanfaatan zaitun. Nabi bersabda, "Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak."

Hadis tersebut diakui sebagai salah satu mukjizat medis. Sejumlah riset kedokteran modern menegaskan bahwa minyak zaitun punya peran penting bagi pencegahan kanker kulit akibat paparan sinar matahari jika dioleskan pada kulit.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Sarang Laba-Laba yang Rapuh adalah Mukjizat, Ini Faktanya 

Oleh karena itu, para sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sering kali bekerja di bawah terik matahari, di padang pasir dalam jangka waktu lama. Di sinilah letak hikmah medis dari minyak zaitun untuk mencegah penyakit kulit dan kanker akibat paparan sinar matahari.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِنْ طُورِ سَيْنَاءَ تَنْبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِلْآكِلِينَ

"Dan pohon (zaitun) keluar dari Bukit Sinai menghasilkan minyak dan pewarna makanan bagi orang-orang yang makan." (Al Mu'minun: 20)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Penyebab Tumbuhnya Uban, Karena Apa? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini