Share

Miliki Konsep Unik, Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria Dibangun di Pulau Panjang

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 615 2506595 miliki-konsep-unik-masjid-sultan-maulana-mahmud-zakaria-dibangun-di-pulau-panjang-sMjSOgpbqU.jpg Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria di Pulau Panjang. (Foto: Antara)
A A A

KABAR gembira untuk umat Islam Tanah Air. Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria yang unik segera dibangun. Masjid ini berlokasi di Pulau Panjang, Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menargetkan pembangunan Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria rampung pada dua bulan setelah peletakan batu pertama (ground breaking) pada Jumat 12 November 2021.

Baca juga: Masya Allah, Masjid Terapung Megah Segera Dibangun di Kalimantan Selatan 

Ia mengatakan konsep Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria seperti bangunan rumah joglo. Materialnya terbuat dari bahan kayu jati, lantai keramik, dan beton setapak merupakan bantuan dari anggaran pertanggungjawaban sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

"Pembangunan ditarget rampung dalam dua bulan ke depan," ungkap Junaedi usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria di Pulau Panjang.

Dia menambahkan, pembangunan Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria merupakan langkah awal menjadikan tempat wisata religi di Pulau Panjang, sama seperti Masjid Luar Batang dan Masjid Agung Demak.

"Diharapkan pembangunan masjid di Pulau Panjang dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar," jelasnya, seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Pertama Kali Masuk Masjid, Reaksi Para Bule Non-Muslim Ini Sangat Mengejutkan 

Junaedi meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat turut terlibat dalam rencana menjadikan Pulau Panjang, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, sebagai objek wisata religi sesuai tugas pokok dan fungsinya.

"Untuk mendorong peningkatan dan penumbuhan perekonomian warga serta memajukan pariwisata saya berharap setiap OPD terkait untuk turut berkolaborasi membangun Pulau Panjang," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun segala potensi yang ada di Pulau Panjang, tambah Junaedi, akan coba ditawarkan kepada investor agar pulau itu bisa difungsikan sesuai potensinya dengan luas lahan mencapai 13 hektare tersebut.

"Kalau kita fungsikan dan disewakan, keuntungan pemerintah daerah adalah akan mendapatkan pendapatan daerah. Jika konsepnya untuk perdagangan itu sangat tepat, apalagi dengan harga miring tanpa bea cukai, orang pasti akan datang ke pulau ini," ungkapnya.

Baca juga: Jadi Mualaf, Crazy Rich Ekspedisi Ini Bangun 99 Masjid 

Sementara juru kunci makam Mursida (70) berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu yang sudah membangun masjid di Makam Sultan Maulana Mahmud Zakaria.

Dia berharap masjid itu dapat bermanfaat bagi warga maupun para peziarah yang kebanyakan berasal dari daerah Tangerang. "Peziarah yang datang itu setelah lebaran Idul Fitri kebanyakan dari daerah Tangerang," paparnya.

Baca juga: Viral Diduga Makhluk Halus Terekam CCTV di Dalam Masjid, Bagaimana Pandangan Islam? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini