Share

3 Guru Berhasil Jadi Pengusaha Sukses, Ada yang Untung Miliaran Rupiah Per Bulan!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 25 November 2021 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 624 2506722 3-guru-berhasil-jadi-pengusaha-sukses-ada-yang-untung-miliaran-rupiah-per-bulan-WwOjus51Ln.jpg Erni Rahman, guru yang sukses jadi pengusaha. (Foto: YouTube Cemolex Gallery)

PROFESI guru tak menghalangi usaha untuk menjadi pengusaha sukses. Dilatarbelakangi desakan ekonomi maupun hobi, banyak guru yang mencoba peruntungan jadi pengusaha.

Menjalani bisnis sembari tetap mengabdi d dunia pendidikan nyatanya tidak menghalangi mereka meraih kesuksesan. Berikut kisah guru yang sukses menjadi pengusaha. 

1. Mohammad Badrul Munir

Mohammad Badrul Munir merupakan seorang guru yang mengajar di SDN Bangsal 3 Kota Kediri. Dia juga mempunyai usaha pembuatan trofi. Pria yang akrab disapa Arul ini sudah menjadi guru pendidikan agama Islam sejak 2005. Pekerjaannya dia tekuni sebelum menikah. Gaji yang pertama kali dia terima sebagai guru yaitu Rp100.000.

Karena kebutuhan ekonomi yang meningkat setelah mempunyai anak, dia pun mulai menekuni usaha trofi. Usaha trofi ini dia lakukan karena gagal nyaleg. Arul merupakan caleg DPRD Kota Kediri 2009 dari dapil Mojoroto.

Baca juga: Sejarah Hari Guru, Berawal di Zaman Belanda dan Ditetapkan Presiden Soeharto

Bisnis trofi yang dia tekuni bermula dari tugasnya di sekolah. Kebetulan, sekolah tempatnya mengajar sering menggandakan trofi untuk siswa yang berprestasi. Arullah yang kebagian menggandakannya. Semakin hari, usaha trofi milik Arul semakin dikenal. Bahkan usahanya menguasai pasar di Kota Kediri. Dari kesuksesannya sebagai pengusaha, Arul bisa membeli sebidang tanah di Kecamatan Banyakan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Ika Putri Dian Asrianti

Ika Putri Dian Asrianti adalah guru yang sukses menekuni usaha bisnis budidaya tanaman anggrek. Ika kagum pada keberagaman tanaman yang ada di Indonesia. Anggrek menjadi pilihannya.

Mulanya, dia merupakan pengoleksi serta penggiat budidaya tanaman anggrek. Sambil melakukan aktivitas sebagai guru, Ika rajin merawat tanaman anggreknya. Akhirnya pada 2017, dia memutuskan untuk memulai usaha budidaya tanaman anggrek yang diberi nama Rumah Anggrek Vania Orchid. Kebun anggreknya berlokasi di Tempel, Sleman, Yogyakarta.

Dalam pemasarannya, Ika mengajak ibu-ibu untuk menjadi reseller. Dia juga membuka toko online serta melakukan promosi di media sosial. Awalnya Ika hanya mempekerjakan satu tukang kebun. Namun usahanya makin berkembang sehingga dapat mempekerjakan beberapa karyawan. Harga jenis anggrek yang dibudidayakan beragam. Mulai dari anggrek seharga Rp100.000 hingga anggrek koleksi premium yang dibanderol sampai jutaan rupiah.

3. Erni Rahman

Erni Rahman merupakan guru sekaligus pengusaha cireng yang sukses. Dia sudah mulai mengajar sejak 1997. Saat ini dia dikenal bukan hanya sebagai guru TK, tapi juga pengusaha cireng di Depok, Jawa Barat.

Melalui jenama cireng crispy Shaza Food, dia memulai bisnis ini dari nol. Usahanya dirintis sejak 2013.

Dia memulai bisnis cirengnya dengan modal Rp50.000. Cireng buatannya dipasarkan ke teman-teman dekatnya . Semakin hari, usaha cirengnya banyak disukai dan berkembang. Dia dibantu suami dan anaknya dalam membuat cireng. Erni mencapai kesuksesan pada 2015. Ketika itu, belum banyak orang yang berjualan cireng crispy dengan sambal bumbu rujak. Alhasil usaha cirengnya meroket. Dalam sebulan usaha yang dirintisnya ini bisa mengantongi keuntungan hingga Rp1 miliar.

Diolah dari berbagai sumber: Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini