Share

Quote 7 Presiden Indonesia Tentang Pendidikan, dari Soekarno hingga Jokowi

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 25 November 2021 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 624 2506940 quote-7-presiden-indonesia-tentang-pendidikan-dari-soekarno-hingga-jokowi-pdgIV7BB9b.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

PERINGATAN Hari Guru yang jatuh setiap tanggal 25 November merupakan apresiasi atas jasa para guru yang telah bekerja keras memajukan pendidikan Indonesia. Pentingnya pendidikan telah banyak dikumandangkan lewat berbagai kalimat penyemangat yang dilontarkan oleh tokoh-tokoh penting Indonesia, termasuk presiden. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kata-kata mutiara tentang pendidikan dari orang-orang nomor satu di Indonesia.

1. Soekarno

Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno pernah mengucapkan beberapa kalimat tentang pendidikan. Kemampuannya untuk menggerakkan hati banyak orang membuat negara lain mengagumi kharismanya. Ide dan pemikirannya yang menakjubkan mengenai kebangsaan selalu mampu memotivasi semangat juang kalangan muda. Berikut adalah beberapa kalimat yang pernah diucapkannya:

- "Belajar tanpa berfikir tidak ada gunanya, tapi berfikir tanpa belajar sangat berbahaya!"

- “Pengalaman adalah guru, adalah pedoman, adalah kemudi yang sangat berharga. Pengalaman yang tidak diperhatikan akan menghantam roboh kita sendiri.”

2. Soeharto

Presiden kedua Indonesia yang menjabat selama 32 tahun, Soeharto, dikenal sebagai Bapak Pembangunan Indonesia. Ia berperan penting dalam menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada pangan dengan program Repelita yang dicanangkan selama masa pemerintahannya. Soeharto pernah juga melontarkan kata-kata bijak tentang pendidikan, seperti:

- “Sehubungan dengan Tuhanmu, guru, ratu dan orang tua Anda.”

- "Kalau kamu ingin menjadi pribadi yang maju, kamu harus pandai mengenal apa yang terjadi, pandai melihat, pandai mendengar, dan pandai menganalisis."

- “Pendidikan yang kita cita-citakan memang harus menampilkan berkembangnya kebebasan, akan tetapi kebebasan ini pun bukan tanpa arah.”

3. BJ Habibie

Sosoknya yang inspiratif membuat banyak kalangan menjadikan BJ Habibie, presiden ketiga Republik Indonesia, sebagai tokoh panutan. Disebut sebagai Bapak Teknologi dan Demokrasi Indonesia, BJ Habibie telah melontarkan banyak kata-kata bijak yang patut dikenang sebagai penyemangat dan pengingat. Contohnya, perkataannya mengenai pendidikan, “Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha,” yang mengajak kaum pelajar untuk tidak menyerah dalam menempuh pendidikan, apa pun rintangannya.

Selain itu, ia juga menegaskan pentingnya pendidikan bagi seorang wanita lewat kalimat,

“Seorang ibu harus mempunyai pengetahuan yang memadai untuk memintarkan keluarganya. Dengan demikian proses pembelajaran dalam keluarga bisa berjalan baik.”

4. Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid, atau lebih dikenal dengan Gus Dur, merupakan presiden keempat Indonesia. Ia dikenal sebagai tokoh yang kontroversial dan memiliki dedikasi tinggi. Ia juga dikenal sebagai Bapak Pluralisme yang menjunjung tinggi keberagaman di berbagai hal, seperti suku, agama, dan ras. Salah satu kata-kata mutiara mengenai pendidikan yang pernah diucapkannya adalah,

- "Semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin besar rasa toleransinya.” Ini mengingatkan kaum pelajar untuk selalu bersikap toleransi terhadap sesama, tidak peduli setinggi apa jenjang pendidikannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Megawati

Presiden kelima Indonesia yang menjadi presiden wanita pertama, Megawati Soekarnoputri, pernah menyampakan kalimat yang terkait pendidikan. “Tujuan pendidikan adalah mewujudkan bangsa yang cerdas, tidak hanya secara intelektual tapi juga secara emosional dan spiritual.”

Kalimat ini mengajarkan bahwa sebagai individu cerdas, seseorang tidak hanya harus memiliki kecerdasan intelektual, namun juga emosional dan spiritual agar kehidupan dapat seimbang.

Selain itu, ia juga mendorong masyarakat Indonesia untuk dapat memperjuangkan hak-haknya, yang tercermin dalam kalimat, “Aku ingin mendorong masyarakat kita untuk mendidik dirinya agar memiliki keberanian dalam memahami dan memperjuangkan hak-hak mereka.”

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden keenam Indonesia yang pernah menjabat selama dua periode ini dikenal atas beberapa kata-kata bijaknya di dunia pendidikan, seperti tentang pentingnya pendidikan bagi bangsa Indonesia.

“Pendidikan adalah hal penting, pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk membebaskan masyarakat dari tuna aksara.” Selain itu, ia juga mendorong rakyat Indonesia untuk terus berjuang menggapai cita-cita.

“Hidupkan kembali cita-cita dan tujuan hidup Anda, keberanian dan keteguhan Anda, serta kerja keras dan kerja cerdas Anda untuk menggapai mimpi.”

7. Joko Widodo

Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan beberapa kalimat penyemangat untuk rakyat Indonesia tentang pentingnya pendidikan. Salah satunya adalah tentang pentingnya membaca.

“Membacalah dan bangsa ini akan terhindar dari buta karena ketidaktahuan.”

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini