Share

5 Fakta Mencengangkan Kertas Coretan Albert Einstein Terjual Rp176 Miliar

Mohammad Adrianto S , Okezone · Kamis 25 November 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 18 2507358 5-fakta-mencengangkan-kertas-coretan-albert-einstein-terjual-rp176-miliar-daY5QFdYOi.jpg Albert Einstein. (Foto: Warstek)
A A A

PARIS - Sebuah lelang di kota Paris berhasil menjual sebuah manuskrip berisikan coretan teori relativitas Albert Einstein seharga 11 juta Euro atau Rp176 Miliar.

Terdapat sejumlah fakta menarik mengenai pelelangan kertas manuskrip ini yang sudah dirangkum sebagai berikut:

1. Terjual di Rumah Lelang Christie

Sebuah manuskrip dengan perhitungan yang dibuat Albert Einstein saat ia berusaha merumuskan teori relativitas telah terjual di lelang seharga Rp176 miliar.

Penjualan di rumah lelang Christie di Paris ini memecahkan rekor untuk dokumen ilmiah yang ditandatangani. Ini adalah salah satu dari dua makalah yang menunjukkan cara kerja fisikawan teoretis dalam terobosan ilmiahnya yang hebat.

2. Ditulis Sekitar Tahun 1913-1914

Teori ini terbit sekitar tahun 1915 dan mengubah pemahaman umat manusia tentang ruang, waktu, dan gravitasi.

Baca juga: Peristiwa 9 Juni : Kaisar Romawi Bunuh Diri, Teori Fisika Albert Einstein Dipublikasikan

Einstein sendiri diperkirakan menulis naskah perhitungan antara tahun 1913 dan 1914 oleh bersama dengan rekannya dari Swiss, Michele Besso, yang menyimpan dokumen tersebut.

Foto: Reuters

3. Jarang Menulis Naskah

Rumah lelang Christie memuji Besso atas pemikirannya yang maju dalam menyelamatkan manuskrip tersebut.

Vincent Belloy, ahli di rumah lelang, mengungkapkan bahwa Einstein bukanlah orang yang kerap menyimpan catatan dalam menghitung dan merumuskan teori ilmiahnya

"Einstein adalah seseorang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kita sudah membuatnya menjadi luar biasa," kata Vincent.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Bukan Manuskrip Pertama yang Terjual

Kertas manuskrip teori relativitas ini ternyata bukanlah kertas pertama yang terjual dalam sebuah lelang.

Pada Mei lalu, sebuah surat yang ditulis oleh Einstein berisi persamaan teori yang paling terkenal, E=mc², terjual lebih dari USD1,2 juta (Rp17 miliar).

5. Sekilas Tentang Albert Einstein

Albert Einstein adalah fisikawan teoretis kelahiran Jerman yang mengembangkan teori relativitas, satu dari dua pilar utama fisika modern. Karya-karyanya juga dikenal karena berpengaruh terhadap filsafat ilmu.

Albert Einstein terkenal karena merancang teori relativitasnya, yang merevolusi pemahaman kita tentang ruang, waktu, gravitasi, dan alam semesta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini