Share

Tak Terima Putusan Pengadilan, Pria Ini Siram Air Keras ke Dirinya Sendiri

Vanessa Nathania , Okezone · Kamis 25 November 2021 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 18 2507455 tak-terima-putusan-pengadilan-pria-ini-siram-air-keras-ke-dirinya-sendiri-KvhMxJwgw0.jpg Pria ini siram air keras ke dirinya sendiri usai diputuskan dihukum penjara 2,5 tahun di pengadilan (Foto: BPM Media)
A A A

LONDON - Seseorang pria telah menyiramkan air keras ke dirinya sendiri setelah hakim menjatuhkan hukuman penjara dua setengah tahun karena membeli peralatan fotografi seharga 77.000 poundsterling (Rp1,5 miliar) dengan cek palsu.

Dia menuangkan cairan itu ke dirinya sendiri setelah hakim menjatuhkan hukuman dua setengah tahun penjara karena membeli peralatan fotografi dengan cek palsu dan menghukumnya untuk membayar jumlah tersebut dalam bentuk uang tunai.

Mark Marshall, 55, lahir dengan nama Mark Castley, diyakini telah berhasil menyelundupkan zat korosif melewati pemeriksaan keamanan ke dalam sidang hukumannya di Inner London Crown Court pada April 2019.

Dia meninggal di rumah sakit dua bulan setelah insiden dari luka-lukanya. Menurut sebuah pemeriksaan resmi, pria yang kerap menipu dengan menargetkan tokoh-tokoh terkenal dan atlet Olimpiade ini meninggal usai menyiramkan air keras ke dirinya sendiri.

Baca juga: Sarah, Wanita Cantik yang Disiram Air Keras Suaminya Dikenal Sosok Periang

Pemeriksa senior Andrew Harris mengatakan kepada juri bahwa hasil post-mortem memutuskan bahwa Marshall meninggal karena cedera yang disebabkan oleh konsumsi air asam. Pemeriksaan pun masih berlanjut.

Ini sebetulnya bukan kejadian pertama. Ketika pertama kali ditangkap karena penipuan pada 2016, Marshall juga pernah mencoba menikam lehernya sendiri di tahanan polisi dan akhirnya menderita stroke.

Seorang pekerja layanan pengadilan tidak berpikir jika Marshall akan kembali melakukan aksi percobaan bunuh diri lainnya.

 Baca juga: Wartawan yang Disiram Air Keras Dilaporkan Balik Pelaku Terkait Kasus Pemerasan

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Karena ada jeda tiga tahun antara peristiwa yang tercatat, dan risiko itu tidak selalu dianggap dekat,” terang Kathryn Hunt, Kepala layanan untuk layanan percobaan Lewisham dan unit pengiriman lokal Southwark, dalam pemeriksaan.

Sementara itu, mantan pasangannya Theresa Mulberry mengatakan kepada Southwark Coroner's Court jika Marshall telah mencoba untuk mengambil nyawanya sendiri, setidaknya lima kali selama dia di penjara untuk 'keluar dari situasi yang tidak dia sukai'.

“Biasanya untuk keluar dari situasi tertentu. Akan sering ada ancaman percobaan bunuh diri tetapi itu sering mengarah pada tindakan yang sebenarnya,” terangnya saat ditanya oleh juri pemeriksaan mengapa Marshall sering mencoba bunuh diri dan melukai dirinya sendiri.

“Dia ingin keluar dari penjara itu dan masuk ke penjara terbuka yang akan lebih mudah baginya,” lanjutnya.

"Dia akan mencoba untuk mendapatkan dirinya di bagian medis atau memang keluar dari penjara itu bersamaan dan di penjara terbuka,” tambahnya.

Mulberry mengatakan kepada pengadilan bahwa Marshall diadopsi oleh seorang anggota keluarga di Leeds dan memiliki "pendidikan yang sangat baik dan pendidikan swasta yang sangat baik".

“Dia sangat cerdas, sangat sporty dan berasal dari keluarga yang cukup kaya,” ujarnya.

"Dia menjalankan bisnisnya sendiri sejak usia sangat muda sebagai pelatih tenis di level yang sangat tinggi dan bergaul dengan olahragawan terkenal,” jelasnya.

Mulberry mengatakan pada pemeriksaan bahwa dia diberikan hukuman penjara pertama yang ditangguhkan pada 1998 dan kemudian "masuk dan keluar dari penjara" selama sisa hidupnya.

“Umumnya kejahatan yang dia lakukan melibatkan orang-orang yang mungkin Anda kenal dari media. Karena itu dia banyak mengubah namanya - jelas untuk berusaha menghindari orang. Dan itulah kehidupan Mark,” terangnya.

“Hidupnya adalah sebuah siklus, dan siklus itu selalu berulang. Jika dia di penjara, akan ada upaya bunuh diri atau melukai diri sendiri dan kemudian dia dipindahkan ke yang lain. Dia tidak pernah jahat atau kejam, tetapi dia selalu termotivasi oleh keuntungan finansial,” ungkapnya.

Sebelumnya dilaporkan penipu berpendidikan swasta ini telah menipu pesepakbola Adam Johnson, mantan istri pengusaha Scot Young dan berbagai atlet Olimpiade.

Pada kasus 2016, Marshall mencoba meyakinkan para korban, termasuk menyamar sebagai mantan mata-mata MI6 untuk menipu keluarga Adam Johnson sebesar 170.000 poundsterling (Rp3,2 miliar) pada 2016.

Dia menggunakan nama Mark Hill-Wood dan memberi tahu keluarga pesepakbola yang dipermalukannya itu, bahwa dia telah menghabiskan 25 tahun bekerja untuk badan intelijen GCHQ dan MI6, dan dapat menggali bukti untuk membantu membebaskan pedofil itu.

Pada 2014, dia kembali menipu, kali ini mantan istri taipan bisnis yang bangkrut, Scot Young sebesar 14.000 poundsterling (Rp 266 juta) setelah membujuknya untuk menyewa perusahaannya Fullproof Intelligence untuk membantu menemukan kekayaan mendiang Tuan Young.

Pada April 2014 dengan menggunakan nama Phillip Buffett, dia menipu Harrods untuk mendapatkan jam tangan Hublot senilai 216.000 poundsterling (Rp4 miliar) dan jam tangan kedua, kamera, dan pakaian desainer senilai 28.000 poundsterling (Rp532 juta).

Pada 2011, dengan menggunakan nama Mark Cas, penipu itu dijatuhi hukuman tiga tahun karena menipu beberapa atlet elit Inggris dengan tawaran sponsor yang menguntungkan menjelang Olimpiade London 2012.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini