Share

4 Jenis Makanan Ini Lebih Sehat Jika Dikukus, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Okezone · Kamis 25 November 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 298 2507399 4-jenis-makanan-ini-lebih-sehat-jika-dikukus-apa-saja-gqskV7ji42.jpg Udang kukus (Foto: Well seasoned studio)
A A A

MEMASAK dengan mengukus (steam) adalah proses mematangkan makanan dengan menggunakan uap panas dan memang sudah dikenal dengan cara memasak makanan yang paling sehat.

Ini karena memasak dengan metode steam dapat lebih mengikat nutrisi di dalam kandungan makanan, jika dibandingkan dengan teknik memasak yang lain.

Terlebih, ada beberapa jenis makanan yang lebih baik dimasak dengan metode steam jika Anda tidak ingin kehilangan vitamin dan nutrisi dari makanan tersebut. Mengutip akun Instagram @miele_indonesia, berikut daftarnya.

 sayur kukus

1. Sayur-sayuran

Mengukus sayur-sayuran terbukti lebih sehat dibandingkan dengan cara direbus. Metode rebus dapat melarutkan nutrisi di dalam sayuran seperti vitamin B dan ke dalam air yang mendidih.

Sebaiknya, masaklah sayuran dengan cara di steam supaya tetap bisa memperoleh nutrisi dalam sayuran secara optimal. Sayuran hijau dapat terkukus dengan baik hanya dalam hitungan menit.

Sementara sayur umbi-umbian, membutuhkan waktu lebih lama. Untuk wortel, membutuhkan waktu sekitar 10 menit, sedangkan kentang memerlukan waktu 30 menit.

2. Makanan laut

Selain menjaga kelembapan dan kelembutan tekstur, metode steam juga dapat mengeluarkan cita rasa asli dari ikan dan kerang. Ikan sudah matang apabila tekstur kulitnya sudah terlihat kasar.

Sedangkan udang sudah matang jika warnanya sudah berubah menjadi merah muda. Sedangkan kerang-kerangan sudah matang saat cangkangnya sudah terbuka sepenuhnya.

3. Daging merah dan unggas

Daging merah dan unggas dapat di-steam dengan baik karena metode steam dapat menjaga kelembapan dan kelembutan tekstur daging dibandingkan dengan dibakar atau dipanggang.

Lamanya waktu steam yang dibutuhkan juga disesuaikan dengan jenis daging dan juga potongan daging. Jangan lupa, tambahkan bumbu-bumbu di atas daging untuk menambah cita rasa.

4. Telur

Telur juga dapat dimasak dengan cara di-steam lho! Steam telur selama 6 menit untuk mendapatkan telur setengah matang. Atau, steam selama 12 menit untuk mendapatkan telur rebus yang matang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini