Share

Keutamaan Surah Hud, Baca Lengkap di Alquran Digital Okezone

Hantoro, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 330 2507097 keutamaan-surah-hud-baca-lengkap-di-alquran-digital-okezone-8KRIaAzYGw.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Hud, bisa dibaca lengkap di Alquran Digital Okezone. (Foto: Okezone)
A A A

KEUTAMAAN Surah Hud ternyata sangat luas. Surah Hud yang memiliki arti "Nabi Hud Alaihissallam" merupakan surah ke-11 di dalam kitab suci Alquran. Surah Hud terdiri dari 123 ayat, dan termasuk golongan Makkiyah karena diturunkan di Kota Makkah Arab Saudi. Selengkapnya bisa dibaca di Alquran Digital Okezone.

Diberi nama Surah Hud karena berkaitan dengan kisah Nabi Hud Alaihissallam beserta kaumnya. Selain itu, Surah Hud memuat kisah nabi-nabi lainnya, di antaranya Nabi Nuh, Nabi Shalih, Nabi Ibrahim, Nabi Luth, Nabi Syu’aib, dan Nabi Musa. Demikian dikutip dari laman Abusyuja, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Keutamaan Surah At-Taubah, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone 

Adapun keutamaan dan fadilah Surah Hud yakni termasuk Al-Ma’in yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sebagai pengganti Zabur. Rasulullah bersabda, "Telah diturunkan kepadaku As-Sab’ut Thuwal sebagai ganti Taurat, diturunkan kepada Al-Ma’in sebabagai pengganti Zabur, diturunkan kepada Al-Matsani sebagai ganti Injil dan aku diberi tambahan dengan Al-Mufashal." (HR Ahmad)

Surah Hud dapat dijadikan sebagai doa keselamatan dari gangguan hewan, jin jahat, dan manusia. Caranya dengan membaca Surat Hud Ayat 56, maka seseorang dapat terhindar dari gangguan yang disebabkan oleh binatang buas, jin jahat yang suka mempermainkan manusia, atau kejahatan manusia.

Baca juga: 4 Keutamaan Surah Yunus, Baca di Alquran Digital Okezone 

إِنِّى تَوَكَّلْتُ عَلَى ٱللَّهِ رَبِّى وَرَبِّكُم ۚ مَّا مِن دَآبَّةٍ إِلَّا هُوَ ءَاخِذٌۢ بِنَاصِيَتِهَآ ۚ إِنَّ رَبِّى عَلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

"Sesungguhnya aku bertawakal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak ada suatu binatang melata pun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus." (QS Hud: 56)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu bisa digunakan untuk berdoa memohon petunjuk dari Allah Subhanahu wa ta'ala ketika seseorang sedang dihadapkan pada dua atau lebih pilihan. Membaca ayat ke-112 dari Surah Hud ini dapat menjadi wasilah atau doa untuk memantapkan dalam mengambil keputusan tersebut.

فَٱسْتَقِمْ كَمَآ أُمِرْتَ وَمَن تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا۟ ۚ إِنَّهُۥ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

"Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah tobat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS Hud: 112)

Wallahu a’lam bishawab.

Baca juga: Keutamaan Surah Al Anfal, Baca di Alquran Digital Okezone 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini