Share

Keutamaan Baca Surah Al Kahfi Setiap Jumat, Buka di Alquran Digital Okezone

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 05:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 330 2507587 keutamaan-baca-surah-al-kahfi-setiap-jumat-buka-di-alquran-digital-okezone-xl0hj9ZxEy.jpg Ilustrasi hari Jumat berkah membaca Surah Al Kahfi di Alquran Digital Okezone. (Foto: Freepik)
A A A

HARI Jumat saatnya membuka Alquran Digital Okezone dan membaca Surah Al Kahfi. Amalan sunah ini memiliki keberkahan besar, jadi jangan sampai melewatkannya.

Surah Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua". Al Kahfi adalah surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran. Surah Al Kahfi berisi 110 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Baca juga: Benarkah Air Laut Memanas ketika Kiamat? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Dirangkum dari laman Rumaysho, Jumat (26/11/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menerangkan bahwa tuntunan membaca Surah Al Kahfi setiap malam Jumat hingga hari Jumat keesokannya berdasarkan hadis sahih Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: Ini Amalan yang Dianjurkan Nabi saat Malam Jumat, Fadilahnya Sangat Besar 

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Baca juga: Viral Bocah Wanita Merdu Sambung Ayat dari Pak Camat Depok, Netizen: Semoga Allah Selalu Memberkahi 

Nah, guna mempermudah ibadah di hari Jumat berkah ini, kaum Muslimin bisa mengakses Alquran Digital Okezone. Di dalamnya lengkap berisi 114 surah dari 30 juz Alquran. Tersedia juga terjemahan, artis, hingga tafsir dari setiap ayat Alquran yang dibaca.

Fitur-fitur tersebut tentunya dapat menambah khazanah keilmuan umat Islam Indonesia. Jadi, jangan lupa awali hari Jumat yang penuh keberkahan ini dengan mengakses Alquran Digital Okezone.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Minyak Zaitun Cegah Penyakit Kulit serta Kanker? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini