Share

Toko Roti Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Turki, Begini Wujudnya!

Denisa Aisyah, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 406 2507157 toko-roti-berusia-1-500-tahun-ditemukan-di-turki-begini-wujudnya-JBRya4qAtw.JPG Sisa bangunan toko roti berusia 1500 tahun ditemukan di Turki (Foto: Anadolu Agency/AA)

PARA arkeolog menemukan struktur kuno sisa bangunan toko roti berusia 1.500 tahun dalam penggalian yang berlangsung di kota kuno Perre, provinsi tenggara Adıyaman, Turki pada Senin awal pekan lalu.

Penggalian itu telah dimulai sejak 2001 silam dan telah dilakukan secara berkala di kota kuno Perre. Selama prosesnya, telah ditemukan air mancur Romawi, batu balok besar, saluran air, dan berbagai struktur arsitektur yang bersejarah digali dalam pekerjaan tahun ini.

Penemuan terbaru oleh para arkeolog di kota kuno adalah area bengkel anggur dan struktur toko roti yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan orang-orang pada masa itu, bersama dengan paku yang termasuk dalam struktur tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Antalya Turki Bisa Menarik Jutaan Turis Asing di Tengah Pandemi?

Kepala museum, Mehmet Alkan mengatakan, area bengkel anggur dan toko roti ditemukan dekat pekuburan kota.

Mereka menemukan ratusan paku di struktur toko roti, Alkan melanjutkan: “Paku ini digunakan untuk menghubungkan pintu dan sebagai hiasan,” katanya melansir Anadolu Agency (AA).

Sebuah tandoor, atau yang dikenal sebagai tanah liat silinder atau oven berbentuk silinder (guci) yang terbuat dari tanah liat atau logam yang digunakan untuk memasak dan membuat kue juga ditemukan di bagian timur laut dari bangunan toko roti.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Perre adalah salah satu kota terbesar di Kerajaan Commagene. Itu adalah kota yang penting dalam hal aspek agama dan geopolitik.

Keindahan air kota disebutkan dalam sumber-sumber Romawi kuno. Kota kuno yang sempat meredup setelah Periode Bizantium itu tak pernah lagi mendapatkan kembali kejayaannya.

Namun saat ini, makam batu jadi daya tarik utama di Perre, di mana ia diukir dari bebatuan dan memiliki penampilan indah. Adapula mosaik besar yang ditemukan di kota ini dan memiliki motif hati unik, figur bola dunia tiga dimensi, dan modul geometris segi delapan yang menarik minat pengunjung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini