Share

Hasil Timnas Indonesia vs Timnas Myanmar di Laga Uji Coba: Skuad Garuda Menang Telak 4-1

Tino Satrio, MNC Portal · Kamis 25 November 2021 23:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 51 2507597 hasil-timnas-indonesia-vs-timnas-myanmar-di-laga-uji-coba-skuad-garuda-menang-telak-4-1-VWnuOznZWL.jpg Para pemain Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)
A A A

ANTALYA – Laga Tim Nasional (Timnas) Indonesia vs Timnas Myanmar yang bertajuk uji coba sudah rampung digelar. Hasilnya, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- menang telak dengan skor 4-1.

Bermain di Stadion Gloria, Turki, Kamis (25/11/2021) malam WIB, determinasi tinggi dan kerja keras berhasil mereka tampilan sepanjang babak. Empat gol Timnas Indonesia sendiri dicetak oleh Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Witan Sulaiman, dan Ezra Walian.

Para pemain Timnas Indonesia. Foto: PSSI

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Skuad Garuda tampil apik pada awal babak pertama. Evan Dimas dan kawan-kawan sukses menguasai jalannya pertandingan lewat penguasaan bola. Serangan yang dibangun dari sisi kiri dan sisi kanan juga terlihat sangat efektif.

Peluang pertama berhasil diciptakan oleh Witan Sulaeman dari akselerasinya di sisi kiri pada menit ke-3. Ia berhasil melewati seorang pemain dan menusuk ke dalam kotak penalti lawan. Sayangnya umpan datar yang dikirimkan gagal disambut oleh rekan-rekannya di mulut gawang.

Tak butuh waktu lama, Skuad Garuda kembali melesatkan peluang pemecah kebuntuan semenit berselang. Ezra Walian mengirimkan umpan cantik dari sisi kiri, dan berhasil ditanduk oleh Ricky Kambuaya. Tandukan itu sukses merobek jala Pyae Phyo Ayng pada menit ke-4 sekaligus memimpin dengan skor 1-0.

Usai unggul, Evan dan kawan-kawan sempat ditekan oleh Myanmar. Namun, pertahanan terlihat tampil cukup solid. Menariknya, transisi menyerang lewat serangan balik yang dibangun sangat bagus.

Terpantau menit ke-11, serangan balik skuad asuhan Shin Tae-yong berjalan dengan ciamik. Berawal dari umpan terobosan Alfeandra Dewangga dari tengah lapangan, Irfan Jaya berhasil lolos dari jebakan offside dan melakukan penyelesaian yang gemilang untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Timnas Myanmar sedikit merepotkan usai tertinggal 2-0. Mereka sejatinya memiliki peluang emas guna mempersempit kedudukan pada menit ke-30. Namun, tendangan tersebut masih terbilang lemah bagi Muhammad Riyandi.

Meski ditekan, serangan balik yang dilancarkan selalu berbahaya. Terbukti, Witan berhasil mencetak gol lewat skema yang sama pada menit ke-33. Ia berhasil melesatkan tembakan meski ditempel ketat oleh pemain bertahan lawan.

Gol Witan memastikan keunggulan 3-0 pada jeda turun minum. Dengan begitu, kesebelasan Tanah Air bisa bermain lebih nyaman di babak kedua.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Babak Kedua

Permainan tak berubah banyak pada babak kedua. Ezra dan kawan-kawan masih tampil gemilang lantaran terus memberi tekanan. Determinasi yang diberikan juga tak kalah kencang seperti babak pertama.

Para pemain Timnas Indonesia. Foto: PSSI

Terbukti, peluang demi peluang berhasil dikirimkan meski belum melipatkan keunggulan. Pada menit ke-46, Irfan kembali membahayakan Timnas Myanmar. Sayangnya, tendangan kerasnya di dalam kotak penalti masih bisa ditepis. Kemudian, Ezra yang menyambar umpan Ricky pada menit ke-49 juga sedikit melenceng di sisi kiri gawang.

Keunggulan baru tercipta kembali pada menit ke-54. Gol tersebut datang dari hadiah titik penalti usai salah satu pemain Myanmar melakukan hand ball di kotak terlarang. Ezra sukses menjadi algojo dan menjauhkan skor menjadi 4-0.

Sayangnya, gawang Riyandi berhasil dicoreng pada menit ke-72. Maung-Maung Lwin memperkecil kedudukan menjadi 1-4 usai memanfaatkan peluang dari Hlang Bo Bo. Kali ini, Skuad Garuda harus lebih fokus dan tak boleh kembali kecolongan.

Terpantau pada menit ke-80, Shin secara total merombak kesebelasan di atas lapangan. Mungkin, ia sudah puas dengan permainan yang diberikan dan memberikan kesempatan bagi pemain lain yang berada di bangku cadangan.

Sayangnya, rotasi pemain yang dilakukan belum membuahkan hasil hingga peluit panjang dibunyikan meski memiliki sederet peluang yang cukup berbahaya. Usai kecolongan, Timnas Indonesia berhasil tetap menjaga keunggulan 4-1 hingga akhir babak.

Berikut Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Timnas Myanmar:

Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam (Sandi 82'), Alfeandra Dewangga, Fachruddin, Pratama Arhan (Edo 81'); Rachmat Irianto (Kadek 68'), Evan Dimas (Agung 72'), Riky Kambuaya; Irfan Samaling (Ramai 67'), Witan Sulaeman, Ezra Walian (Yudo 67')

Pelatih: Shin Tae-Yong

Timnas Myanmar (4-3-3): Pyae Phyo Ayng; Nyein Chan, Yaw Ye Tun, David Htan, Win Moe Kyaw (Lwin 62'); Hlang Bo Bo, Maung Maung Win, Aung Kaung (Htet 66'); Yan Naing Oo, Mg Mg Lwin, Suang Lam Mang

Pelatih: Antoine Hey

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini