Share

Benarkah Air Laut Memanas ketika Kiamat? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 614 2507308 benarkah-air-laut-memanas-ketika-kiamat-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-bTwEYdnExt.jpg Alquran dan sains coba mengungkap informasi air laut akan memanas ketika hari kiamat kelak. (Foto: Sean O/Unsplash)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap hal-hal terkait kiamat kelak. Disebutkan bahwa air laut akan berubah menjadi panas ketika hari akhir nanti. Apakah benar demikian?

Lautan sendiri adalah salah satu anugerah dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang diciptakan di bumi. Di dalam ayat-ayat suci Alquran tertulis lengkap tentang laut dan kehidupannya, termasuk nasibnya di hari kiamat nanti. Seluruh air laut bakal memanas, dan tidak ada yang bisa memadamkannya.

Baca juga: Minyak Zaitun Cegah Penyakit Kulit serta Kanker? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Lantas, apa maksud air laut memanas pada hari kiamat kelak? Padahal, airnya terbentang sangat luas dan tetesannya pun tidak pernah terhitung.

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, dijelaskan ada ayat di dalam Alquran yang menegaskan bahwa kelak air laut akan memanas. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَٱلْبَحْرِ ٱلْمَسْجُورِ

Artinya: "Dan laut yang di dalam tanahnya ada api." (QS At-Tur: 6)

Baca juga: Mengapa Nyamuk Mengisap Darah Manusia? Alquran dan Sains Ungkap Alasannya 

Dalam ayat tersebut menjelaskan Allah Azza wa Jalla telah bersumpah atas nama laut yang masjur. Kata masjur dalam bahasa Arab berarti sesuatu yang dinyalakan sehingga menjadi panas. Tapi air berlawanan dengan api, air diketahui bisa memadamkannya.

Kemudian hal itu terbukti secara ilmiah, suatu hari nanti gunung-gunung berapi akan muncul dari dasar lautan dan memuntahkan lavanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Palung-palung yang kedalamannya sekira 65–150 kilometer yang berada di dasar laut dan samudera merupakan salah satu anugerah Allah Subhanahu wa ta'ala kepada umat manusia.

Palung-palung tersebut di seluruh dasar laut dan samudera akan dipanaskan, karena bebatuan magma panas terdorong keluar dari perut bumi.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Henna Bisa Jadi Obat Tertusuk Duri hingga Tumbuhnya Kutil 

Air yang begitu banyak tidak akan bisa memadamkannya, sementara bara yang sedemikian panas itu lebih dari 1.000 derajat Celsius pun tidak mampu menguapkan air laut.

Jutaan ton bebatuan magma yang keluar dari perut bumi akan memanaskan dasar laut dan samudera. Fenomena ini diketahui para ilmuwan sejak akhir tahun 1960-an.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Sarang Laba-Laba yang Rapuh adalah Mukjizat, Ini Faktanya 

Para ilmuan juga menyebutkan bahwa gunung berapi yang terdapat di dasar lautan lebih aktif dan lebìh banyak daripada gunung berapi yang ada di atas daratan.

Gunung-gunung berapi yang ada di dasar lautan itu akan memuntahan jutaan ton bebatuan magma. Gunung-gunung tersebut terdorong ke permukaan dasar laut melalui palung-palung yang ada di dasar lautan dan naik mendekati permukaan air.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Penyebab Tumbuhnya Uban, Karena Apa? 

Jika ia berhasil naik ke atas permukaan laut, maka akan membentuk pulau vulkanik, seperti Kepulauan Jepang, Indonesia, Filipina, dan Hawaii.

Terbukti sudah secara ilmiah, ada gunung-gunung berapi yang muncul dari dasar laut dan mampu memuntahkan lava. Hal ini merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: 6 Obat Herbal yang Tertulis di Alquran, Bisa Menyembuhkan Segala Penyakit kecuali Kematian 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَفِى ٱلْأَرْضِ ءَايَٰتٌ لِّلْمُوقِنِينَ

Artinya: "Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin." (QS Az-Zariyat: 20)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ini Cara Meredam Marah secara Islami Menurut Alquran dan Sains 

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini