Share

Keutamaan Luar Biasa Surah Yusuf, Baca di Alquran Digital Okezone

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 330 2507842 keutamaan-luar-biasa-surah-yusuf-baca-di-alquran-digital-okezone-R8V54qndrO.jpg Ilustrasi keutamaan Surah Yusuf, bisa dibaca di Alquran Digital Okezone. (Foto: Shutterstock)
A A A

ALQURAN menjadi pedoman hidup semua umat Islam. Setiap surahnya memiliki makna dan keutamaannya tersendiri. Salah satunya adalah Surah Yusuf yang diambil dari nama Nabi Yusuf Alaihissallam. Selengkapnya bisa juga baca di Alquran Digital Okezone.

Surah Yusuf merupakan surah ke-12 di dalam kitab suci Alquran dan terdiri dari 111 ayat. Surah Yusuf termasuk golongan Makkiyyah yang artinya diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Baca juga: Keutamaan Baca Surah Al Kahfi Setiap Jumat, Buka di Alquran Digital Okezone 

Nabi Yusuf Alaihissallam juga termasuk nabi yang memiliki wajah yang sangat tampan. Bahkan, banyak orang tidak akan sanggup membayangkan ketampanannya itu, sebab wajahnya penuh dengan cahaya. Selain itu, sifatnya juga begitu salih dan bertakwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sementara itu, Surah Yusuf memiliki beberapa keutamaan dan manfaat luar biasa bagi yang mengamalkannya. Berikut keutamaannya, seperti dikutip dari laman Abusyuja, Jumat (26/11/2021).

Dinamakan Surah Yusuf karena hal utama yang dimuat di dalamnya adalah kisah Nabi Yusuf Alaihissallam. Kisah ini termasuk salah satu kisah-kisah gaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sebagai mukjizat. Sedangkan sebelum diwahyukan, beliau tidak mengetahui kisah-kisah tersebut.

Baca juga: Keutamaan Surah Hud, Baca Lengkap di Alquran Digital Okezone 

Di dalam kitab ad-Dala’il, Al Baihaqi meriwayatkan bahwa sekelompok orang Yahudi masuk agama Islam sesudah mendengar kisah Nabi Yusuf Alaihissallam ini, karena mereka merasa kisah itu sesuai dengan kisah yang mereka ketahui dari kitab mereka.

Dari kisah Nabi Yusuf Alaihissallam ini, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengambil pelajaran yang banyak dan juga menjadi penghibur beliau dalam menjalankan tugas dakwah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di antara pokok kandungan Surah Yusuf adalah sebagai berikut:

- Menjelaskan bahwa qadha' Allah Subhanahu wa ta'ala tidak dapat diubah.

- Menjelaskan bahwa semua Rasul (utusan) itu lelaki.

Baca juga: Keutamaan Surah At-Taubah, Selengkapnya Baca di Alquran Digital Okezone 

- Menjelaskan tentang kewajiban merahasiakan sesuatu untuk menghindari fitnah.

- Menjelaskan tentang beberapa sifat dan teladan yang mulia yang dapat diambil dari cerita Nabi Yusuf Alaihissallam.

- Menjelaskan tentang persamaan agama para nabi-nabi ialah tauhid.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 4 Keutamaan Surah Yunus, Baca di Alquran Digital Okezone 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini