Share

Angka 40 Disebut Berkali-kali dalam Alquran, Ini Keistimewaannya Menurut Ustadz Adi Hidayat

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 330 2507882 angka-40-disebut-berkali-kali-dalam-alquran-ini-keistimewaannya-menurut-ustadz-adi-hidayat-1eEN22AXAX.jpg Ustadz Adi Hidayat (UAH). (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)
A A A

USTADZ Adi Hidayat (UAH) mengungkap angka 40 memiliki keistimewaan di dalam kitab suci Alquran. Hal ini karena banyak sekali ajaran keislaman yang menyebutkan angka tersebut.

Ustadz Adi Hidayat dalam satu kesempatan ceramahnya menyebut bahwa begitu istimewanya angka 40, sampai-sampai Kalamullah atau firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang tertuang dalam ayat suci Alquran juga beberapa kali menyebut angka tersebut.

Baca juga: Keutamaan Baca Surah Al Kahfi Setiap Jumat, Buka di Alquran Digital Okezone 

"Kalau Anda perhatikan ayat-ayat Alquran, hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wassallam, baik yang terkait penerimaan wahyu, fase kehidupan yang diutamakan, sampai proses kehidupan kita, maka rata-rata sering kita dapatkan angka 40," ujar Ustadz Adi Hidayat, seperti dikutip dari kanal YouTube Audio Dakwah, Jumat (26/11/2021).

UAH lantas menjelaskan ayat pertama dari Alquran yang menyebutkan angka 40, yaitu terkait peristiwa Nabi Musa Alaihissallam sebelum menerima wahyu di Bukit Thur Sinai. Beliau diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk bermunajat selama kurang lebih 40 malam. Peristiwa spiritual tersebut tertuang dalam Surah Al Baqarah Ayat 51.

Baca juga: Benarkah Air Laut Memanas ketika Kiamat? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Ustadz Adi Hidayat lantas menjelaskan tafsir ayat tersebut. Penyebutan kata lail atau malam terdapat kata ‘ta’, itu menunjukkan betapa waktu 40 malam tersebut sangatlah istimewa.

Selanjutnya ustadz asal Pandeglang, Banten, ini mengungkapkan bahwa manusia disebutkan mencapai usia ideal untuk menerima segala hal dalam hidup ketika menapaki umur 40 tahun. Hal ini juga disebutkan dalam Surah Al Ahqaf Ayat 15.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tidak hanya Alquran, hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam juga menjelaskan tentang keistimewaan angka 40 yang berkaitan dengan fase-fase penting dalam kehidupan manusia.

"Sekarang lihat lagi, fase kehidupan kita dalam hadis Nabi Shallallahu alaihi wassallam di beberapa bagian di alam rahim, perhatian pembagiannya. Ketika dimulai fase pertemuan spermatozoa dengan ovum, masa alaqoh di mana sperma menempel jadi zigot di dinding rahim hingga menjadi seberat daging, semuanya 40 hari," jelas UAH.

Baca juga: Menag Umumkan Penerbangan dari Indonesia Kini Bisa Langsung ke Arab Saudi 

Ia kemudian mengulas kembali beberapa peristiwa penting dalam Islam yang berkaitan dengan angka 40, selain munajat Nabi Musa Alaihissallam hingga fase kehidupan manusia, ada juga Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang pertama kali dinobatkan sebagai nabi dan rasul-Nya yaitu di usia 40 tahun.

Dikarenakan begitu istimewanya angka 40 dalam ajaran Islam, khususnya yang tertuang di Alquran, Ustadz Adi Hidayat menyebutkan bahwa metode menghafal Alquran yang terbaik pun setelah mengulanginya sebanyak 40 kali.

Baca juga: Miliki Arti Taat hingga Berani, Ini 20 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Islami Berawalan Z 

"Sementara ada pakar Alquran memberikan gambaran kepada kita: 'Kalau Anda ingin menerima Kalamullah secara matang, maka teman-teman cobalah untuk mengulang bacaan sampai mendapatkan nilai 40 ini," ungkapnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini