Share

Tokoh Muslim Dunia: Tsabit bin Qurra sang Bapak Ilmu Statistik

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 614 2507714 tokoh-muslim-dunia-tsabit-bin-qurra-sang-bapak-ilmu-statistik-vuIGM4V6Tc.jpg Tokoh Muslim dunia Tsabit bin Qurra sang Bapak Ilmu Statistik. (Foto: YouTube Keajaiban Islam)
A A A

TOKOH Muslim dunia kali ini mengangkat sosok Tsabit bin Qurra. Ia Ilmuwan Muslim satu ini dikenal hingga bangsa Barat berkat sejumlah penemuannya, bahkan digunakan sampai saat ini. Salah satunya adalah karyanya dalam bidang ilmu statistik dan perhitungan modern kalkulus integral.

Ilmuwan multitalenta ini lahir di Harran, Turki, pada tahun 826 Masehi. Dia menjadi ilmuwan penting bagi peradaban Islam pada era kekhalifahan Abbasiyah. Tsabit bin Qurra juga dikenal sebagai seorang ilmuwan di bidang astronomi, geografi, dan sejarah.

Baca juga: 10 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Kehidupan Modern, Banyak Merevisi Penemuan Bangsa Barat 

Tokoh Muslim dunia Tsabit bin Qurra sang Bapak Ilmu Statistik. (Foto: YouTube Keajaiban Islam)

Dikutip dari kanal YouTube Keajaiban Islam, Jumat (26/11/2021), karya-karya penemuannya dikenal hingga mancanegara, tidak lepas dari kemampuannya berbahasa asing. Dirinya mampu menguasai trilingual atau memiliki kemampuan menguasai tiga bahasa, yaitu bahasa Suryani, Arab, dan Yunani.

Banyak penemuan yang Tsabit bin Qurra lakukan sepanjang hidupnya. Di antaranya penemuan jam matahari yang menggunakan matahari untuk mengetahui peredaran waktu, bilangan riil, kalkulus integral, persamaan pangkat 3, diferensial kalkulus, penentuan luas bumi yang menggunakan garis bujur dan lintang, serta masih banyak lagi.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ahmad bin Thulun sang Pencetus Perawatan Medis Modern 

Bahkan, Tsabit bin Qurra juga memiliki sebutan "Father of Statisitc" atau "Bapak Penemu Statistika" berkat kitabnya yang monumental serta sangat berpengaruh bagi kemajuan pengetahuan di era modern.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini