Share

Menag Umumkan Penerbangan dari Indonesia Kini Bisa Langsung ke Arab Saudi

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 614 2507867 menag-umumkan-penerbangan-dari-indonesia-kini-bisa-langsung-ke-arab-saudi-qIQkdneQh8.jpg Ilustrasi penerbangan jamaah haji/umrah asal Indonesia. (Foto: Antara)
A A A

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan kabar baik untuk jamaah haji dan umrah Indonesia. Per 1 Desember 2021, penerbangan dari Indonesia kini bisa langsung menuju Arab Saudi. Keputusan tersebut diberikan setelah Otoritas penerbangan Arab Saudi memperbarui aturan penerbangan internasionalnya.

"Alhamdulillah, jelang kepulangan kunjungan kerja dari Arab Saudi, saya mendapat informasi resmi bahwa mulai pukul 01.00 dini hari pada Rabu 1 Desember 2021, warga Indonesia sudah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa perlu melalui negara ketiga selama 14 hari," terang Menag di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Kamis 25 November 2021 malam.

Baca juga: Breaking News: WNI Kini Diizinkan Masuk ke Arab Saudi Tanpa Proses Karantina 

"Tidak lagi ada persyaratan booster, namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan menjalani karantina institusional selama 5 hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama," lanjutnya, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama.

Selain Indonesia, sambung Menag, ada lima negara lain yang juga sudah mendapat izin masuk Arab Saudi, yaitu Pakistan, Brasil, India, Vietnam, dan Mesir.

Baca juga: Sholat di Raudhah, Menag Berdoa Jamaah Dunia Bisa Kembali ke Tanah Suci 

Larangan terbang diberlakukan oleh Arab Saudi terhadap Indonesia dan sejumlah negara lain sejak Februari 2021. Ketentuan ini sempat diperbarui pada akhir Agustus 2021. Penerbangan dari Indonesia diperbolehkan langsung ke Saudi, tetapi hanya dikhususkan bagi orang-orang yang memiliki izin tinggal di Arab Saudi, baik mukimin atau ekspatriat.

"Semoga ini juga akan menjadi kabar baik buat jamaah umrah Indonesia yang sudah tertunda keberangkatannya sejak Februari 2021. Semoga jamaah Indonesia bisa segera mengobati kerinduannya untuk ke Tanah Suci. Namun, harus disiplin protokol kesehatan sesuai ketentuan Arab Saudi," ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menag mengapresiasi respons cepat dari otoritas Arab Saudi atas sejumlah pembahasan yang dilakukannya beberapa hal ini di Jeddah dan Makkah, baik dengan Menteri Urusan Agama Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Syekh Abdullatif bin Abdulaziz, Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud, maupun Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi HE Tawfiq F Al-Rabiah.

"Dalam tiap kesempatan, saya sampaikan kepada mereka tentang kesiapan Indonesia dalam penyelenggaraan umrah di masa pandemi. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah bersama Tim Kemenag sudah saya minta untuk menyusun skenario dan teknis penyelenggaraan yang akan dibahas bersama dengan Wakil Menteri Urusan Haji dan Umrah Kerajaan Saudi Arabia Dr Abdulfatah Suliman Hashat bersama jajarannya," paparnya.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Mushaf Alquran, Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Percetakan di Madinah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini