Share

Takjub dengan Museum Dar Al Madinah, Menag Harap Segera Dibangun di Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 615 2507994 takjub-dengan-museum-dar-al-madinah-menag-harap-segera-dibangun-di-indonesia-s3WbFBhDvC.jpg Museum Dar Al Madinah di Kompleks Masjid Nabawi, Arab Saudi. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

DALAM kunjungan kerja di Arab Saudi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan rombongan berkesempatan mengunjungi Museum Dar Al Madinah di Kompleks Masjid Nabawi. Mereka pun kagum atas kecanggihan dan kekayaan informasi yang tersaji di museum, terutama tentang sejarah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

"Museum Dal Al Madinah ini luar biasa. Saya sangat takjub. Di sini disajikan secara lengkap tentang detail sejarah Nabi. Indonesia sangat berkepentingan memiliki museum serupa, karena mayoritas berpenduduk Muslim. Ini akan sangat bermanfaat untuk membangun pengetahuan dan peradaban," kata Gus Men –sapaan akrab Menag, di Madinah, Rabu 24 November 2021.

Baca juga: Menag Umumkan Penerbangan dari Indonesia Kini Bisa Langsung ke Arab Saudi 

Museum Dar Al Madinah dibangun atas inisiatif Dr Muhammad bin Abdul Karim Al Issa. Ini merupakan museum pertama dan terbesar yang mengkhususkan diri dalam sejarah Kota Makkah dan Madinah.

Museum Dar Al Madinah di Kompleks Masjid Nabawi, Arab Saudi. (Foto: Kemenag.go.id)

Museum Dar Al Madinah menampilkan koleksi besar dan lengkap sejarah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam serta peradaban Makkah dan Madinah. semuanya dikemas baik secara digital.

Kehadiran Menag bersama delegasi disambut pengurus museum. Mereka mendapat penjelasan tentang seluk-beluk museum, sekaligus melihat visualiasi digital serta film Sirah Nabawiyah dalam empat dimensi.

Baca juga: Hujan Lebat Disertai Petir, Baca Doa Ini agar Selalu Dilindungi Allah Ta'ala 

Pimpinan museum Dr Abdulaziz Kaaki mengatakan museum ini dibangun setelah melalui riset mendalam dan persiapan pembangunan selama 15 tahun. Dia mencatat ada 25 negara yang berminat membuat Museum Dar Al Madinah, dan itu akan diawali dengan Indonesia.

"Museum ini juga sudah dikunjungi 10 kepala negara dan mereka mengapresiasi. Seluruh isi yang ada dan dikemas secara digital tentang sejarah Nabi diambil dari referensi terpercaya melalui Alquran dan hadis dengan riwayat-riwayat yang sangat kuat," tutur Dr Abdulaziz, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejumlah simulasi digital yang futuristis di sejumlah dinding memaparkan informasi seputar kehidupan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Mulai akhlak, baju, kebiasaan, putri-putri, hingga rutinitas Nabi, dan lainnya.

Dijelaskan juga periodisasi usia Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Setiap periode usia diberi keterangan detail latar belakangnya. Ada juga keterangan tentang fisik Nabi, mulai tangan, rambut, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Jumat 26 November 2021M/20 Rabiul Akhir 1443H 

Tata kelola serta tata letak permukiman saat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memimpin Madinah juga tervisualisasi, termasuk penjelasan tentang sekira 60 jenis profesi masyarakat di masa Nabi, antara lain guru, dokter, perawat, petani, dan lainnya.

Informasi lain tentang gambaran benda-benda di sekitar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, misal alat memasak, panci, tombak, dan lain-lain. Juga ada sejumlah kutipan yang dinisbatkan kepada Nabi, seperti ungkapan "ana araby" (saya dari bangsa Arab), "ana quraisy" (saya dari suku Quraisy), "ana atqakum lillah" (saya yang paling takut di antara kalian kepada Allah), dan sebagainya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Angka 40 Disebut Berkali-kali dalam Alquran, Ini Keistimewaannya Menurut Ustadz Adi Hidayat 

Museum Dar Al Madinah di Kompleks Masjid Nabawi, Arab Saudi. (Foto: Kemenag.go.id)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini