Share

6 Mukjizat Nabi Daud yang Belum Banyak Diketahui, Salah Satunya Suara Merdunya Bisa Hentikan Burung Terbang

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 29 November 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 614 2508703 6-mukjizat-nabi-daud-yang-belum-banyak-diketahui-salah-satunya-suara-merdunya-bisa-hentikan-burung-terbang-MhFUu4cnGL.jpg Ilustrasi mukjizat Nabi Daud Alaihissallam bisa membuat burung berhenti terbang lewat suara merdunya. (Foto: Devmaryna/Freepik)
A A A

MUKJIZAT Nabi Daud Alaihissallam sangatlah luar biasa. Nabi Daud sendiri merupakan salah satu nabi yang diutus Allah Subhanahu wa ta'ala untuk kaum Bani Israil.

Berasal dari Suku Yehuda, Nabi Daud Alaihissallam tercatat 16 kali dalam Alquran. Memiliki mukjizat di antaranya yakni mampu melunakan besi hingga membuat baju besi hanya dengan kedua tangannya.

Berikut ini deretan mukjizat Nabi Daud Alaihissallam, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Senin (29/11/2021).

Baca juga: 4 Mukjizat Nabi Ibrahim, Salah Satunya Pasir Berubah Jadi Makanan 

1. Memiliki kekuatan ilmu dan amal

Nabi Daud Alaihissallam memiliki kekuatan ilmu dan amal. Ia juga diberi kecerdasan serta ilmu hikmah yang mampu memutuskan perkara dengan cepat dan adil. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

{وَاذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُدَ ذَا الأيْدِ إِنَّهُ أَوَّابٌ (17) إِنَّا سَخَّرْنَا الْجِبَالَ مَعَهُ يُسَبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَالإشْرَاقِ (18) وَالطَّيْرَ مَحْشُورَةً كُلٌّ لَهُ أَوَّابٌ (19) وَشَدَدْنَا مُلْكَهُ وَآتَيْنَاهُ الْحِكْمَةَ وَفَصْلَ الْخِطَابِ (20) }

Artinya: "Dan ingatlah hamba Kami Daud yang mempunyai kekuatan; sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan). Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi, dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masingnya amat taat kepada Allah. Dan Kami kuatkan kerajaannya dan Kami berikan kepadanya hikmah dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan." (QS Shaad: 17–20)

Kemudian, Allah Subhanahu wa ta'ala menceritakan perihal hamba dan rasul-Nya, Nabi Daud Alaihissallam, bahwa dia telah dianugerahi kekuatan dalam masalah ilmu dan amal.

Dalam ayat lainnya, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

{وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُدَ مِنَّا فَضْلا يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ (10) أَنِ اعْمَلْ سَابِغَاتٍ وَقَدِّرْ فِي السَّرْدِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (11) }

Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman): 'Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud,' dan Kami telah melunakkan besi untuknya, (yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang salih. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan." (QS Saba: 10–11)

Baca juga: Kisah Mukjizat Nabi Yunus dan Penyebabnya Sampai Ditelan Ikan Paus 

2. Mampu menganyam baju besi dengan tangannya sendiri

Mukjizat Nabi Daud Alaihissallam lainnya yakni membuat baju dari besi dengan menganyamnya menggunakan tangan sendiri. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

أَنِ اعْمَلْ سَابِغَاتٍ وَقَدِّرْ فِي السَّرْدِ ۖ وَاعْمَلُوا صَالِحًا ۖ إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: "(Yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan." (QS Saba: 11)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Miliki suara sangat merdu

Nabi Daud Alaihissallam juga bersuara merdu hingga membuat burung berhenti terbang. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُودَ مِنَّا فَضْلًا ۖ يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ ۖ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ

Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): 'Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud', dan Kami telah melunakkan besi untuknya." (QS Saba: 10)

Baca juga: Kisah Mukjizat Nabi Isa Menancapkan Pedang ke Dajjal hingga Meleleh 

4. Kitab Zabur

Kitab Zabur merupakan mukjizat lain dari Nabi Daud Alaihissallam. Jika Nabi Daud sedang membaca Kitab Zabur, maka burung-burung itu berhenti di angkasa, tidak mau pergi, bahkan diam dan ikut bertasbih bersamanya. Gunung-gunung yang tinggi-tinggi pun membalas tasbihnya dan mengikuti tasbih yang diucapkannya.

Baca juga: Kisah Mukjizat Nabi Musa yang Membuat Para Tukang Sihir Takluk Beriman kepada Allah Ta'ala 

5. Melunakkan besi

Mukjizat Nabi Daud Alaihissallam yang paling populer yakni mampu melunakan besi dengan kedua tangannya. Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

{وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ}

Artinya: "Dan kami telah melunakkan besi untuknya." (QS Saba: 10)

Baca juga: 3 Mukjizat Luar Biasa Nabi Ismail, Nomor 1 Awal Mula Prosesi Ibadah Besar 

6. Memiliki kerajaan yang kuat

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَشَدَدْنَا مُلْكَهُ وَآتَيْنَاهُ الْحِكْمَةَ وَفَصْلَ الْخِطَابِ

Artinya: "Dan Kami kuatkan kerajaannya dan Kami berikan kepadanya hikmah dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan." (QS Shad: 20)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 2 Mukjizat Nabi Ishaq yang Belum Banyak Diketahui Umat Manusia 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini