Share

4 Mukjizat Nabi Yakub, Salah Satunya Mampu Menakwil Mimpi

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 614 2509713 4-mukjizat-nabi-yakub-salah-satunya-mampu-menakwil-mimpi-60q45XmB3T.jpg Ilustrasi mukjizat Nabi Yakub Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)
A A A

MUKJIZAT Nabi Yakub Alaihissallam ternyata sangat ingin diketahui banyak orang. Nabi Yakub diketahui sebagai cucu Nabi Ibrahim Alaihissallam dari putranya Nabi Ishaq Alaihissallam. Ia dikenal sebagai sosok ayah yang bijaksana dan penyayang.

Sebagai salah satu nabi dan rasul, Nabi Yakub Alaihissallam diutus oleh Allah Subhanahu wa ta'ala kepada kaum Bani Israil di Syam. Beliau dibekali dengan beberapa mukjizat dalam berbagai bentuk. Apa sajakah itu?

Berikut telah MNC Portal rangkum empat mukjizat Nabi Yakub Alaihissallam, seperti dikutip dari Kanal YouTube Yhopie Chanel, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: 6 Mukjizat Nabi Daud yang Belum Banyak Diketahui, Salah Satunya Suara Merdunya Bisa Hentikan Burung Terbang 

1. Kuat dan berilmu tinggi

Nabi Yakub Alaihissallam adalah salah salah satu nabi dan rasul yang sangat kuat dan berilmu tinggi. Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Shaad Ayat 45:

وَاذْكُرْ عِبَادَنَا إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ أُولِي الْأَيْدِي وَالْأَبْصَارِ

Artinya: "Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq, dan Yakub yang mempunyai kekuatan yang besar dan ilmu-ilmu (yang tinggi)." (QS Shaad: 45)

Menurut Tafsir Alquran Hidayatul Insan yang dimaksud dengan kekuatan yang besar dan ilmu-ilmu adalah para nabi dan rasul tersebut memiliki kekuatan dalam menjalankan ibadah dan ilmu yang bermanfaat.

Baca juga: 4 Mukjizat Nabi Ibrahim, Salah Satunya Pasir Berubah Jadi Makanan 

2. Berakhlak tinggi

Selain dianugerahi kekuatan yang besar dan ilmu yang bermanfaat, Nabi Yakub Alaihissallam juga berakhlak tinggi, yakni selalu mengingatkan manusia pada alam akhirat. Dalam Surah Shaad Ayat 46, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ

Artinya: "Sungguh Kami menyucikan mereka dengan (menganugerahkan) akhlak yang tinggi kepadanya, yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat." (QS Shaad: 46)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Menakwil mimpi Nabi Yusuf Alaihissallam

Selain itu, Nabi Yakub Alaihissallam juga mengetahui takwil mimpi yang dialami Nabi Yusuf Alaihissallam. Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ

قَالَ يَا بُنَيَّ لَا تَقْصُصْ رُؤْيَاكَ عَلَىٰ إِخْوَتِكَ فَيَكِيدُوا لَكَ كَيْدًا ۖ إِنَّ الشَّيْطَانَ لِلْإِنْسَانِ عَدُوٌّ مُبِينٌ

وَكَذَٰلِكَ يَجْتَبِيكَ رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ وَيُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَعَلَىٰ آلِ يَعْقُوبَ كَمَا أَتَمَّهَا عَلَىٰ أَبَوَيْكَ مِنْ قَبْلُ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya: "(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, 'Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.' Dia (ayahnya) berkata, 'Wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, mereka akan membuat tipu daya (untuk membinasakan)mu. Sungguh, setan itu musuh yang jelas bagi manusia.' Dan demikianlah, Tuhanmu memilih engkau dan mengajarkan kepadamu sebagian dari takwil mimpi dan menyempurnakan nikmatNya kepadamu (dengan menjadikanmu nabi) dan kepada keluarga Yakub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada kedua orang kakekmu sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishaq. Sungguh, Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS Yusuf: 4–6)

Baca juga: Kisah Mukjizat Nabi Yunus dan Penyebabnya Sampai Ditelan Ikan Paus 

Menurut Tafsir Alquran Hidayatul Insan, Nabi Yakub Alaihissallam mengetahui takwil mimpi itu, yakni sebelas bintang itu adalah saudaranya, matahari adalah ibunya, sedangkan bulan adalah bapaknya.

Nabi Yakub Alaihissallam tahu bahwa keadaan akan berubah jika Nabi Yusuf Alaihissallam menceritakan mimpi itu kepada saudara-saudaranya. Ia akan membuat semua anggota keluarganya menjadi lebih memuliakannya. Oleh karena itu, Nabi Yusuf pun memahami dan menuruti apa yang dimaksud sang ayah.

Baca juga: Kisah Mukjizat Nabi Isa Menancapkan Pedang ke Dajjal hingga Meleleh 

4. Semangat berdakwah

Nabi Yakub Alaihissallam memiliki semangat yang kuat dalam berdakwah. Semangat ini tidak luntur hingga menjelang kematiannya. Hal ini dibuktikan dengan wasiat yang disampaikan Nabi Yakub Alaihissallam kepada anak-anaknya sebelum beliau meninggal. Sebagaimana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَوَصَّىٰ بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

أَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوبَ الْمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيهِ مَا تَعْبُدُونَ مِنْ بَعْدِي قَالُوا نَعْبُدُ إِلَٰهَكَ وَإِلَٰهَ آبَائِكَ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ إِلَٰهًا وَاحِدًا وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

Artinya: "Dan Ibrahim mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata), 'Wahai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini untukmu maka janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.' Apakah kamu hadir ketika Yakub hendak dijemput oleh maut, ketika dia berkata kepada anak-anaknya, 'Apa yang kamu sembah sepeninggalku?' Mereka menjawab, 'Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, yaitu Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan Kamu hanya tunduk patuh kepada-Nya'." (QS Al Baqarah: 132–133)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Mukjizat Nabi Musa yang Membuat Para Tukang Sihir Takluk Beriman kepada Allah Ta'ala 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini