Share

Terungkap! Ini Asal-usul Lombok Dijuluki Pulau Seribu Masjid

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 615 2510324 terungkap-ini-asal-usul-lombok-dijuluki-pulau-seribu-masjid-kZYp8QcEZm.jpg Masjid Islamic Center Mataram di Pulau Lombok. (Foto: Wikipedia)
A A A

PULAU Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Selain itu, Lombok juga memiliki keunikan dengan dijuluki sebagai "Pulau Seribu Masjid". Jadi, tidak heran banyak wisatawan datang ke sana untuk berwisata religi.

Lantas, bagaimana asal-usul Lombok dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid?

Baca juga: 5 Masjid Terapung di Indonesia, Bangunannya Unik dan Jadi Tujuan Wisata Religi 

Masjid Praya Lombok Tengah. (Foto: Instagram @danieembun)

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Rabu (1/12/2021), awal mula Lombok dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid tercetus saat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Effendi Zarkasih menyambangi Lombok pada 1970.

Saat itu Effendi Zarkasih diundang meresmikan Masjid Jami'i di Cakranegara, Mataram. Sejak itulah ia tersemat menjuluki Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid.

Baca juga: Uniknya Pulau Natal, Dihuni Umat Islam dan Miliki Masjid Megah 

Ada banyak lebih dari 10 ribu masjid yang saat ini berdiri dan tersebar di berbagai penjuru wilayah Lombok. Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 3.767 masjid besar dan 5.184 masjid kecil yang tersebar di 518 desa di Lombok.

Ribuan masjid yang ada di Lombok bisa dijadikan tujuan destinasi wisata religi. Di antaranya, Masjid Darussalam Kopang, Masjid Agung Praya, Masjid Jami Al Mujahidin Selong, hingga Masjid Raya Hubbul Wathan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Wilayah pulau yang berdekatan dengan Bali ini mayoritas beragama Islam. Maka tak heran apabila Lombok memiliki ribuan masjid yang berdiri di setiap sudutnya.

Beberapa makam wali terdahulu juga ada di Lombok, bisa Anda ziarahi selain berkunjung ke masjid-masjid. Antara lain makam Wali Nyantoq hingga Makam Batu Layar.

Baca juga: Seluruh Tubuh Istri Boleh Dicumbu untuk Bangkitkan Gairah kecuali Bagian Ini, Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Alasannya 

Nah, bagi kaum Muslimin dan sedang berlibur ke Lombok, tidak akan kesulitan mencari masjid untuk sholat sambil beristirahat sejenak, melihat keindahan Pulau Lombok yang eksotis.

Selain itu, sejumlah wisata kuliner di Lombok juga halal. Hal ini berpengaruh karena mayoritas penduduknya beragama Islam.

Baca juga: Hukum Oral Seks dalam Islam, Boleh atau Haram? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini