Share

Kumpulan Doa Anak ke Orangtua, Lengkap Bacaan Latin dan Artinya

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 05 Desember 2021 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 330 2511511 kumpulan-doa-anak-ke-orangtua-lengkap-bacaan-latin-dan-artinya-qL96NyV73Z.jpg Kumpulan doa anak untuk orangtua (foto: shutterstock)
A A A

JAKARTA - Islam mengajarkan agar setiap anak yang soleh memanjatkan doa untuk orangtua setiap saat. Terlebih doa untuk ibu merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas bunda yang sudah mengandung dan berjuang mempertaruhkan nyawa ketika melahirkan.

Allah SWT berfirman:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Lukman : 14).

Terdapat banyak bacaan doa untuk orangtua, beberapa di antaranya cukup pendek sehingga mudah untuk dihapal. Dikutip dari berbagai sumber, contoh-contohnya yaitu:

Baca Juga: Hukum Doa dengan Bahasa Indonesia ketika Sholat, Bolehkah?

Baca Juga: Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri Supaya Diberi Anak Salih/Salihah

1. Doa Agar Orangtua Disayangi

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil"

2. Doa Mohon Ampunan Dosa Orangtua

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro.

Artinya : "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil,

3. Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Doa Agar Ibu Selalu Bahagia

اللهم أسعد امي كما أسعد تني كبيرا

Allahumma as’ad ummi kamaa as’adatni kabiira

Artinya : “Ya Allah, gembirakanlah ibuku sebagaimana ibuku sangat-sangat menggembirakan aku.”

اللهم أجعل أمي من الذين لا خوف عليهم و لا هم يحزنون وأكرمنا باالفردوس الأعلى من الجنة

Allahummaj’al ummi minalladziina la khaufu a’laihim wa lahum yahzanuun wa akrimnaa bil firdausil a’la minal jannati

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah ibuku dari golongan mereka yang tidak takut dan tidak bersedih hati dan tempatkanlah kami di dalam syurga firdaus yaitu surga yang paling tinggi.”

اللهم تقبل من أمي أعما لها صغير ها و كبيرها

Allahumma taqobbal min ummi a’maaluha soghiiraha wa kabiiraha

Artinya : “Ya Allah, terimalah segala amalan ibuku sekecil-kecilnya dan sebesar-besarnya.”

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini