Share

Rekomendasi 15 Oleh-Oleh Wajib Kamu Borong saat Pelesiran ke Blitar

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 301 2512471 rekomendasi-15-oleh-oleh-wajib-kamu-borong-saat-pelesiran-ke-blitar-ZLZBywRLg0.JPG Opak Gambir, salah satu oleh-oleh khas Blitar (Foto: Instagram/@opakgambir.putriandin)

BLITAR di Jawa Timur memiliki sederet pantai cantik dan wisata-wisata lainnya yang menarik, membuat daerah ini cukup banyak menjadi perhatian para wisatawan dan tertarik untuk mengunjunginya. Selain itu, ada juga oleh-oleh khasnya lho.

Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Blitar tanpa membawa oleh-oleh khasnya, yang bisa menjadi buah tangan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini oleh-oleh khas Blitar yang bisa Anda bawa pulang.

1. Opak Gambir

Tak hanya di Jawa Barat, Blitar juga mempunyai opak sebagai camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh yaitu opak Gambir namanya. Bahkan hingga saat ini makanan tersebut masih sangat populer.

Opak Gambir termasuk jajanan tradisional. Terbuat dari tepung ketan, gula, telur dan santan kelapa. Sehingga aromanya harum, rasanya manis, gurih dan teksturnya renyah seperti kerupuk.

Uniknya Opak Gambir ini bukan berbentuk bundar gepeng. Melainkan bentuknya corong dan sedikit mengerucut ke bagian bawahnya.

2. Wajik Kletik

Selanjutnya adalah Wajik kletik, menjadi salah satu oleh-oleh khas Blitar yang juga wajib Anda coba dan dibawa pulang. Jajanan tradisional satu ini terbuat dari gula kelapa dan beras ketan.

Baca juga: Wajik Klethik, Kudapan Unik Khas Blitar

Rasanya manis, gurih serta teksturnya agak padat dan kenyal. Menariknya Wajik Kletik ini dibungkus dengan kulit jagung yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Wajik Kletik

(Wajik kletik, Foto: Instagram/@arifinbh)

3. Geti

Geti merupakan jajanan khas Blitar yang juga sangat populer disajikan saat hari raya lebaran. Selain itu Geti juga menjadi oleh-oleh khas yang bisa Anda borong untuk dibawa pulang.

Geti sendiri terbuat dari kacang tanah, wijen dan gula merah. Sehingga rasanya manis serta gurih dari kacangnya, teksturnya pun cukup renyah juga sedikit lengket. Harganya cukup terjangkau, Geti dijual perkilogram yaitu kurang lebih Rp35.000.

4. Sagon

Oleh-oleh khas Blitar selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah kue Sagon. Ini merupakan jajanan tradisional yang ringan.

Sagon adalah kue khas dari Blitar yang berbahan dasar tepung ketan dan kelapa parut yang kemudian dihaluskan. Teksturnya agak rapuh, dan saat dimakan maka akan lumer di mulut Anda.

Rasanya manis dan gurih, serta aroma kelapa yang sangat harum juga khas membuat sagon menjadi oleh-oleh Blitar cukup banyak diminati.

5. Sambal Pecel

Pecinta sambal, Anda wajib mencoba dan memboyong sambal pecel khas Blitar yang satu ini. Setiap wisatawan yang datang ke Blitar salah satu yang dicari adalah pelengkap hidangan tersebut.

Sambal pecel ini terbuat dari kacang tanah, gula merah kelapa, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kencur, garam dan yang membuat semakin nikmat adalah daun jeruk purut.

Dodol Belimbing

(Dodol belimbing, Foto: Shopee)

6. Dodol Belimbing

Bukan hanya Garut, Jawa Barat saja yang punya dodol, Blitar juga memiliki dodol belimbing yang menjadi makanan sekaligus oleh-oleh khasnya.

Dodol Belimbing ini dibungkus dengan kulit jagung yang sudah dikeringkan. Teksturnya cenderung lengket dan rasanya sedikit masam khas buah belimbing.

Biasanya dodol belimbing ini disantap sebagai teman minum kopi atau teh, sehingga rasa asam dari buah belimbing tersebut akan sedikit berkurang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

7. Peyek Uceng

Oleh-oleh khas Blitar yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah peyek uceng. Dinamakan peyek uceng karena makanan ini terbuat dari ikan uceng. Uceng adalah ikan air tawar yang memiliki ukuran kecil, sekitar 2 hingga 4 cm dan rasanya seperti ikan wader.

Bahan-bahan membuatnya terdiri dari ikan uceng, tepung beras, tepung sagu, santan dan daun jeruk. Rasanya gurih, teksturnya renyah serta aroma khas daun jeruknya membuat makanan ini semakin nikmat.

8. Cokelat dari Kampung Cokelat

Kampung Coklat juga menjadi destinasi favorit wisatawan yang singgah di kota Blitar. Sesuai dengan namanya, kampung ini menjadi surganya para pecinta buah bercita rasa manis ini.

Tak hanya puas memakan coklat saja. Konsep dari Kampung Coklat ini mengambil tema edukasi, dan anak-anak pun bisa bermain sambil belajar.

Nah jika Anda berkunjung ke kampung Coklat ini, jangan lupa untuk membawa oleh-olehnya. Aneka makanan berbahan dasar coklat cocok dijadikan hadiah untuk orang terdekat.

Teh Hitam Khas Blitar

(Teh hitam khas Blitar, Foto: Tokopedia)

9. Teh Hitam

Selain pantai dan wisata alam lainnya, di Blitar juga terdapat hamparan perkebunan teh yang memproduksi jenis teh hitam (black tea) dengan kualitas terbaik alias premium.

Bahkan teh hitam yang ditanam dan diproduksi di Blitar ini, kualitasnya sudah diakui oleh sejumlah negara lho. Ini karena teh hitam juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

10. Beras Cerdas

Mendengar namanya memang agak aneh, seolah-olah jenis beras ini bisa membuat cerdas. Perlu Anda tahu, dinamakan beras cerdas karena ketika diteliti oleh peneliti asal Universitas Jember, ia menemukan campuran mocaf, jagung, protein susu, dan lain-lainnya di dalam beras ini.

Meskipun ini hanya beras buatan, namun nutrisi, vitamin dan zat-zat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

11. Uceng Goreng

Barangkali mendengar namanya bagi Anda terdengar asing. Tapi tahukah Anda, bahwa uceng merupakan ikan air tawar yang biasanya hidup di sungai. Bentuknya cukup unik, bulat dan hanya seukuran jempol saja.

Di Blitar uceng kerap diolah menjadi berbagai makanan yang menggoda. Uceng Goreng merupakan olahan yang paling digemari dan Anda bisa mencobanya, salah satunya warung Barokah Pak Sabar.

Nah karena cara pengolahan digoreng, Anda bisa membawanya pulang. Sebab nantinya ikan uceng ini tidak akan mudah basi jika seharian dibawa.

12. Kaus Jelajah Blitar

Selain makanan oleh-oleh khas Blitar lainnya adalah kaus yang bertuliskan Jelajah Blitar ini, bisa Anda jadikan oleh-oleh juga.

Diproduksi oleh masyarakat asli Blitar. Warna dan gambar di kausnya pun bermacam-macam. Misalnya gambar Ir. Soekarno, di mana presiden pertama RI itu juga dimakamkan di Blitar.

13. Es Pleret

Blitar memiliki minuman khas yang juga menjadi jajanan, yaitu dinamakan es Pleret. Ini merupakan minuman es yang berbahan dasar dari tepung beras dan di sajikan dengan menggunakan sirup dan santan agar rasanya manis, segar dan juga gurih. Es Pleret ini cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas, sehingga memberikan sensasi menyegarkan.

14. Es Drop

Selain es pleret Blitar juga memiliki es drop sebagai jajanan khasnya. Serta cocii juga dijadikan oleh-oleh, tapi dengan kemasan yang lebih aman sehingga tidak mudah meleleh dan khususnya tidak berhari-hari.

Minuman es khas Blitar ini juga sangat terkenal dan banyak di cari oleh wisatawan yang berkunjung ke Blitar. Dalam penyajiannya es drop ini di bungkus degan kertas dan simpan di dalam termos.

15. Susu Jahe

Selain minuman dingin dan segar, Blitar juga memiliki minuman hangat serta berkhasiat. Susu jahe khas Blitar namanya.

Susu Jahe di Blitar ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan pas untuk menemani anda bersantai di malam hari yang dingin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini