Share

Kisah Cerdas Abu Nawas Minta Jodoh: Aku Hanya Minta Gadis Cantik sebagai Menantu Ibuku

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 614 2512972 kisah-cerdas-abu-nawas-minta-jodoh-aku-hanya-minta-gadis-cantik-sebagai-menantu-ibuku-DgD1YrGe2F.jpg Ilustrasi kisah lucu Abu Nawas berdoa minta jodoh cantik. (Foto: Pexels)
A A A

KISAH lucu tentang Abu Nawas memang tidak pernah ada habisnya. Seperti cerita tentang meminta jodoh berikut ini.

Suatu ketika Abu Nawas yang jomblo jatuh cinta kepada seorang gadis cantik jelita. Abu Nawas tergila-gila dengan wanita cantik, pintar, dan ahli ibadah itu. Ia sangat berambisi memperistri gadis salihah tersebut.

Baca juga: Cerita Gus Dur Kecil Ditanya Tanggal Lahir, Jawabnya Malah "Jombang" 

Cintanya yang begitu dahsyat dan membara, membuat Abu Nawas berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. "Ya Allah, jika memang gadis itu baik untukku, dekatkanlah kepadaku. Tetapi jika menurut-Mu ia tidak baik buatku, tolong Yaa Allah, sekali lagi tolong, pertimbangkan lagi Yaa Allah," pinta Abu Nawas dengan menyebut nama gadis tersebut dan terkesan memaksa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Abu Nawas memanjatkan doa-doa itu setiap selesai sholat lima waktu tanpa henti dan terus bersungguh-sungguh. Selama berbulan-bulan ia menunggu tanda-tanda dikabulkan doanya.

Ilustrasi berdoa. (Foto: Shutterstock)

Berjalan lebih dari tiga bulan, Abu Nawas merasa doanya belum kunjung dikabulkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Dia pun mulai introspeksi diri.

"Mungkin Allah belum mengabulkan doaku karena aku kurang pasrah atas pilihan jodohku," ujarnya, seperti dikutip dari laman Muslimmoderat.

Baca juga: Ketika Gus Dur Cerita Jenis-Jenis Setan, Ada yang Hobinya Rebutan, Siapa Dia? 

Kemudian Abu Nawas bermunajat lagi. Tapi kali ini ia berganti strategi. Doa itu tidak diembel-embeli spesifik pakai nama si gadis cantik. Apalagi sampai memaksa Allah Subhanahu wa ta'ala mengabulkan doanya.

Abu Nawas lalu berdoa, "Yaa Allah berikanlah istri yang terbaik untukku."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berbulan-bulan ia terus memohon kepada Allah Subhahanahu wa ta'ala, namun Allah belum juga mendekatkan Abu Nawas dengan gadis pujaannya. Bahkan, Allah juga belum mempertemukan Abu Nawas dengan wanita yang hendak diperistri.

Lama-lama ia mulai khawatir juga. Akhirnya Abu Nawas memutar otak lagi bagaimana caranya berdoa dan bisa cepat terkabul.

Baca juga: Gus Dur Cerita Pelaku Bom Bunuh Diri Nyesel Ketemu Bidadari Surga, Kok Bisa? 

Abu Nawas memang manusia cerdas. Tidak kehabisan akal, ia pun merasa perlu sedikit "diplomatis" kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Abu Nawas pun mengubah doanya.

"Yaa Allah, kini aku tidak minta lagi untuk diriku. Aku hanya minta gadis cantik sebagai menantu ibuku yang sudah tua dan sangat aku cintai Yaa Allah. Sekali lagi bukan untukku, Yaa Tuhan. Maka, berikanlah ia menantu," demikian doa Abu Nawas.

Dasar Abu Nawas, pakai membawa nama ibunya segala, padahal permintaanya itu tetap saja untuk dirinya. Padahal Allah Maha Tahu, tidak bisa diakali siapa pun.

Tapi mungkin karena keikhlasan dan keluguan Abu Nawas tersebut, Allah Subhanahu wa ta'ala pun menjawab doanya. Akhirnya Allah menakdirkan wanita cantik dan salihah tersebut menjadi istri Abu Nawas.

Baca juga: Ketika Gus Dur Cerita Pencuri Makan Ikan Halal: Wong Sudah Dapat Izin dari Kiai 

Wah, kisah yang happy ending ya. Pelajaran yang dipetik adalah jangan lelah meminta dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, karena Allah pasti mengabulkan doa-doa hamba-Nya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini