Share

Kisah Unik Abu Nawas Hadapi Orang yang Selalu Berbohong, Ini Triknya

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 614 2513559 kisah-unik-abu-nawas-hadapi-orang-yang-selalu-berbohong-ini-triknya-Ir9sipArFy.jpg Ilustrasi kisah lucu Abu Nawas. (Foto: Shutterstock)
A A A

KISAH Abu Nawas kali ini tentang pencarian sosok humoris itu menuju jalan yang benar. Ketika itu pria bernama lengkap Abu Ali al Hasan bin Hani al Hakami ini kaget setelah suasana santainya buyar saat sahabat-sahabatnya berkunjung ke rumah.

Mereka mengajak Abu Nawas ke sebuah hutan wisata yang indah di pinggir Kota Baghdad. Mereka berangkat dengan menaiki keledai masing-masing. Suasana sepi mulai mereka rasakan saat berada di ujung jalan.

Baca juga: Kisah Cerdas Abu Nawas Minta Jodoh: Aku Hanya Minta Gadis Cantik sebagai Menantu Ibuku 

Di ujung jalan tersebut terdapat pertigaan. "Setahu saya, salah satu dari jalan ini menuju ke tempat tujuan kita, tapi jalan yang satunya menuju hutan dengan hewan-hewan buas," ucap salah seorang teman Abu Nawas bernama Solhan, seperti dikutip dari laman nu.or.id.

"Kamu tahu enggak jalan ke hutan wisata tujuan kita?" tanya Abdurrahman sahabat Abu Nawas lainnya.

"Itu dia, saya enggak tahu," jawab Solhan.

"Wah, bahaya kalau memilih jalan yang salah. Bisa-bisa kita enggak kembali ke rumah," ujar Abdurrahman.

"Tunggu, saya punya dua sahabat di dekat daerah ini," ungkap Zain sahabat Abu Nawas lainnya.

Baca juga: Bermakna Gembira hingga Cahaya, Ini 10 Nama Anak Perempuan Islami Berawalan A 

Abu Nawas masih diam seribu bahasa. Zain mengatakan, dua sahabatnya itu saudara kembar. Tidak ada seorang pun yang bisa membedakan keduanya karena wajahnya sangat mirip.

Teman yang satu selalu berkata jujur, sedangkan yang lainnya selalu berkata bohong. Mereka hanya mau menjawab satu pertanyaan.

"Apakah engkau mengenali salah satu dari mereka yang selalu berkata benar?" tanya Abu Nawas.

"Tidak," jawab Zain singkat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mereka berangkat menuju rumah yang dihuni dua saudara kembar tersebut. Setelah pintu dibuka, maka keluarlah salah seorang dari dua saudara kembar itu.

"Maaf, kalian hanya boleh mengajukan satu pertanyaan. Tidak boleh lebih," katanya.

Baca juga: Mau Cepat Dapat Jodoh? Yuk Baca 5 Doa Terbaik Ini 

Majulah Abu Nawas menghampiri salah seorang saudara kembar itu, dan berbisik. Orang tersebut pun menjawab dengan cara berbisik pula kepada Abu Nawas. Abu Nawas kemudian mengucapkan terima kasih dan segera mohon diri.

"Hutan yang kita tuju ada di jalan sebelah kanan," tutur Abu Nawas kepada para sahabatnya.

Baca juga: 5 Doa Terbaik untuk Pengantin Baru, Lengkap Bacaan Latin Beserta Artinya 

"Bagaimana kau bisa memutuskan harus menempuh jalan sebelah kanan? Sedangkan kita tidak tahu apakah orang yang kita tanya itu orang yang selalu berkata jujur atau yang selalu berkata bohong?" tanya Solhan ke Abu Nawas.

"Tadi aku bertanya, apa yang akan dikatakan saudaramu bila aku bertanya jalan yang mana menuju hutan wisata?" ucap Abu Nawas.

Dikarenakan masih belum mengerti juga, maka Abu Nawas menjelaskan. "Tadi aku bertanya: Apa yang akan dikatakan saudaramu bila aku bertanya jalan yang mana yang menuju hutan yang indah?"

Baca juga: Dilarang Buang Air Sembarangan, Alquran dan Sains Ungkap Penyakit yang Bisa Timbul 

Jika jalan yang benar itu sebelah kanan dan bila orang itu kebetulan yang selalu berkata benar maka ia akan menjawab: Jalan sebelah kiri, karena ia tahu saudara kembarnya akan mengatakan jalan sebelah kiri sebab saudara kembarnya selalu berbohong.

Bila orang itu kebetulan yang selalu berkata bohong, maka ia akan menjawab: Jalan sebelah kiri, karena ia tahu saudara kembarnya akan mengatakan jalan sebelah kiri sebab saudara kembarnya selalu berkata benar.

Baca juga: Hukum Istri Menafkahi Suami yang Nganggur, Ini Kata Ustadz Abdul Somad 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini