Share

Jadi Orang Sabar, Ini Kenikmatan Besar yang Akan Diberikan Allah Ta'ala

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 330 2513965 jadi-orang-sabar-ini-kenikmatan-besar-yang-akan-diberikan-allah-ta-ala-5OAv68Uh6H.jpg Ilustrasi orang-orang sabar. (Foto: Freepik)
A A A

SURGA adalah tujuan akhir kaum Muslimin yang ada di dunia. Semua berlomba-lomba mengumpulkan pahala amal salih demi bisa meraih tempat tertinggi di surga kelak. Salah satu kenikmatan yang tersedia di surga milik Allah Subhanahu wa ta'ala disediakan untuk orang-orang sabar.

Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan ujian kepada setiap hamba-Nya. Tujuannya agar mereka bersabar, dan ada keutamaan di dalamnya.

Baca juga: Kisah Mualaf Ray Sahetapy, Mantap Memeluk Islam meski Berpisah dari Dewi Yull 

Bicara soal sabar, Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA menceritakan ada sebuah riwayat yang menyebutkan tentang wanita ahli surga karena kesabarannya.

Imam Bukhari menceritakan riwayat sahih dari Ata bin Abi Rabah:

"Maukah engkau saya tunjukkan wanita penghuni surga. Siapa wanita itu? Inilah wanita berkulit hitam yang menemui Nabi Shallallahu alaihi wassallam. Kemudian dia berkata: Ya Rasulullah sesungguhnya aku mengalami shara' (penyakit epilepsi atau ayan) kalau sedang kambuh penyakitnya, maka aurat saya tersingkap. Maka doakanlah saya. Rasulullah kemudian menjawab: Kalau kau ingin, bagimu surga. Kalau kau ingin aku berdoa kepada Allah agar kau disembuhkan.

Maka wanita itu berkata: Saya pilih bersabar. Tetapi saya akan sabar, kalau saya kambuh maka tersingkap maka terbukalah setiap auratku. Maka katakanlah kepada Allah agar tidak tersingkap auratku saat aku kambuh."

Baca juga: Kisah Rasulullah Lewati 7 Lapis Langit Terima Perintah Sholat, Ini yang Dialami 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ustadz Firanda mengatakan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pun mendoakan wanita berkulit hitam tersebut agar saat penyakitnya kambuh maka Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa tetap menjaga auratnya.

Terlebih lagi wanita tersebut memilih bersabar karena jaminannya adalah surga. Sementara sebelumnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memilih pilihan lainnya yaitu didoakan agar segera disembuhkan penyakitnya.

Baca juga: Pindah-Pindah Agama, Diterimakah Tobatnya? Ini Kata Buya Yahya 

"Ini adalah dalil yang paling besar. Bahwasannya sabar mendatangkan surga," kata Ustadz Firanda, seperti dikutip dari kanal YouTube Taman Surga, Rabu (8/12/2021).

Selain itu di dalam Alquran juga banyak disebutkan tentang keistimewaan dari buah kesabaran. Di antaranya Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

الصَّابِرِينَ مَعَ اللهَ إِنَّ وَاصْبِرُوا…

"… Dan bersabarlah kalian, karena Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS Al Anfal : 46)

Baca juga: Hukum Memperbesar Alat Vital, Boleh atau Haram? Simak Penjelasan Buya Yahya 

تُفْلِحُونَ لَعَلَّكُمْ اللَّهَ وَاتَّقُوا وَرَابِطُوا وَصَابِرُوا اصْبِرُوا ءَامَنُوا الَّذِينَ يَاأَيُّهَا

"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung." (QS Ali Imran: 200)

Baca juga: 5 Ide Hijab Kain Tile dan Brokat untuk Pernikahan, Dijamin Cantik Banget 

الصَّابِرِينَ وَبَشِّرِ وَالثَّمَرَاتِ وَالأَنْفُسِ الأَمْوَالِ مِنَ وَنَقْصٍ وَالْجُوعِ الْخَوْفِ مِنَ بِشَيْءٍ وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS Al Baqarah: 155)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Mualaf Virgoun, Berawal Ditantang Kakak Ipar hingga Takjub dengan Surah Al Baqarah 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini