Share

Mengenal Buah Merah Papua, Warnanya Mirip Jembatan Youtefa

Sevilla Nouval Evanda , Okezone · Rabu 08 Desember 2021 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 470 2513760 mengenal-buah-merah-papua-warnanya-mirip-jembatan-youtefa-zJ8PF5TiDW.jpg Jembatan Youtefa Papua (Foto: Kementerian PUPR)
A A A

JAKARTA - Mengenal buah merah papua atau nama lainnya, pandanus conoideus, sebagai tanaman keluarga pandan-pandanan asli Papua.

Buah merah ini kerap disebut sebagai buah ajaib karena diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Melihat warnanya yang merah, tampak senada dengan Jembatan Youtefa yang kini jadi landmark baru di Papua.

Baca Juga: RI Bangun 66 Jembatan Gantung Tahun Ini

Mengutip unggahan Instagram Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Rabu (8/12/2021), Jembatan tersebut membentang megah dengan warna merah cerahnya, menyusuri teluk Youtefa di Papua.

Baca Juga:  Penampakan Jembatan Tertua di Indonesia, Dibangun 1628

Buah merah papua dikenal dengan nama tradisional "kuansu". Umumnya, buah ini dikonsumsi dengan dimakan langsung atau mengolah biji dan dagingnya menjadi saus merah kental untuk bumbu masakan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tak cuma itu, minyak ekstrak dari buah khas ini juga biasa dipakai sebagai penyedap makanan dan pewarna alami.

Kandungan yang terdapat pada buah merah papua, termasuk antioksidan, asam oleat, asam linolenat, dan Omega 3 yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa itu juga bisa menangkal radikal bebas yang biasa menyebabkan kerusakan sel.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini