Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pahami Arti dan Kode Ukuran Velg Mobil, Begini Cara Bacanya

Rio Chandra , Jurnalis-Rabu, 08 Desember 2021 |13:31 WIB
Velg mobil (Okezone)
Velg mobil (Okezone)
A
A
A

MUNGKIN saat ini kamu masih bingung untuk mengetahui cara membaca ukuran velg mobil. Hal tersebut wajar, karena di dalam bagian velg mobil sendiri banyak kode-kode yang pastinya akan sulit dimengerti bagi yang awam.

Untuk mengetahui ukuran velg, bisa dilihat dari kode berupa angka dan huruf yang ada pada bagian pinggir velg mobil. Kode ini saling berurutan dan memiliki makna tersendiri.

Kita ambil contoh, sebuah velg mobil dengan kode 7Jx16H2 ET49. Makna dari kode tersebut menjabarkan lebar velg, jarak flens, diameter velg, model hump, PCD (Pitch Circle Diameter), sampai offset velgnya.

Baca juga:  4 Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya, Apa Saja?

Hal ini tentu saja tujuannya supaya kamu tidak salah pilih dalam memilih velg untuk mobil kesayangan kamu. Dilansir dari laman Daihatsu Indonesia, Rabu (08/12/2021). Berikut cara membaca arti kode-kode velg mobil yang perlu dipahami :

1. Lebar velg

Angka 7 sebagai angka pertama dari kode itu menunjukkan lebar velg dalam satuan inch. Jika angkanya semakin tinggi, maka lebarnya juga semakin besar. Biasanya lebar velg yang sering dijumpai mulai dari 5 sampai 9,5 inch. Namun ada beberapa velg mobil yang lebih lebar lagi tergantung jenisnya. Misal pada pelek tertera marking angka 5 X 17 maka diartikan velg tersebut memiliki lebar 5 inch.

 

2. Jarak flens

Setelah angka 7, kemudian ada huruf 'J'. Biasanya kode huruf J digunakan pada velg berdiameter 15 inch. Sementara untuk diameter velg lebih besar menggunakan dua huruf kapital, misalnya 'JJ'.

Perbedaan keduanya tak cuma soal diameter, tapi untuk jarak flens dari tempat dudukan. Tinggi jarak flens untuk velg J adalah 17,5 mm sedangkan JJ 18 mm. Perhitungan jarak flens yang tepat bertujuan agar ban mobil tidak mudah lepas.

3. Diameter Velg

Berikutnya adalah cara membaca diamter velg. Segala ukuran velg mobil diukur dengan satuan inch. Seperti contoh di atas, 5 X 17 angkanya pertamanya adalah lebar, angka keduanya 17 inch adalah menunjukan diameter.

 Baca juga: Awas Bahaya, Jangan Modifikasi Velg Sembarangan

Meski menunjukan diameter, tetapi untuk yang satu ini orang banyak menybutnya dengan ‘ring velg’, (Contoh : ring velg ukuran berapa?).

Umumnya velg mobil di pasaran umumnya tersedia antara ring 13 hingga 22 inci. Tergantung dari merek atau tipe mobil yang digunakan.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement