Share
Advertisement

Meta Ungkap Tren Sosial Populer yang Pengaruhi Bisnis Tahun Depan

Intan Rakhmayanti Dewi , Jurnalis-Rabu 08 Desember 2021 13:20 WIB
Meta (Foto: Navbharat)
Meta (Foto: Navbharat)
A
A
A

META, induk perusahaan Facebook mengungkap deretan tren yang akan populer dan memengaruhi bisnis di 2022.

Menurut VP Meta di Asia Pasifik, Dan Neary, setiap tahun Meta melihat peluang baru yang tercipta ketika tren sosial diimplementasikan dalam sebuah bisnis.

Meski tren ini membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai potensi maksimal, Dan menuturkan, setidaknya ada lima tren yang akan menjadi populer dalam waktu dekat.

 Metaverse

1. Virtual and Augmented Reality

Meta melihat penggunaan Augmentend Reality/Virtual Reality akan menjadi suatu hal yang umum alm beberapa tahun ke depan. Penerapannya pun akan beragam, mulai dari mencoba pakaian dan sepatu secara virtual, hingga bekerja jarak jauh.

Berdasarkan data Facebook IQ: New dimensions of connection report pada 2021, secara global, 78 persen responden mengatakan AR merupakan cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan merek. 74 persen responden juga percaya AR dapat menjembatani jarak antara ranah offline dan online.

2. Social Commerce

Menurut Neary, dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021), model bisnis kini menjadi lebih sosial dari yang dibayangkan. Orang-orang mencari dan menemukan produk yang disukai melalui kabar beranda teman mereka.

Dampak dari cara pencarian seperti ini adalah munculnya ekspektasi bahwa mereka bisa menghubungi sebuah bisnis atau merek semudah seperti menghubungi teman mereka. Menjadi bisnis yang mudah dihubungi dapat berarti perbedaan antara pertumbuhan dan situasi stagnan.

 Baca juga: Meta Bagikan Statistik Baru Jumlah Intimidasi dan Ujaran Kebencian

3. Mega Sale Days

Acara mega sale belakangan menggabungkan dua elemen yakni hiburan dan berbelanja. Tren ini, kata Neary masih akan terus berlanjut di kawasan Asia Pasifik.

Ada tiga hal utama dalam tren ini, pertama adalah Mega Sale Days merupakan fase paling awal bagi konsumen yang melakukan belanja online untuk pertama kali. Kedua, ini bukan lagi tentang potongan harga, orang-orang memilih sebuah merek karena nilai-nilai dan visinya, serta keseluruhan pengalaman konsumen yang semakin sosial dan kaya akan interaksi.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement